Jaelani, Muhammad Fathan (2024) STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA ANAK TUNARUNGU DI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
Skripsi M Fathan Jaelani.pdf Download (2MB) |
|
Text
Skripsi M Fathan Jaelani.pdf Download (2MB) |
|
Text
Skripsi M Fathan Jaelani.pdf Download (2MB) |
|
Text
Skripsi M Fathan Jaelani.pdf Download (2MB) |
|
Text
Skripsi M Fathan Jaelani.pdf Download (2MB) |
|
Text
Skripsi M Fathan Jaelani.pdf Download (2MB) |
|
Text
Skripsi M Fathan Jaelani.pdf Download (2MB) |
|
Text
Skripsi M Fathan Jaelani.pdf Download (2MB) |
|
Text
Skripsi M Fathan Jaelani.pdf Download (2MB) |
|
Text
Skripsi M Fathan Jaelani.pdf Download (2MB) |
|
Text
Skripsi M Fathan Jaelani.pdf Download (2MB) |
Abstract
Jaelani, Muhammad Fathan. 2022. 23010150200. Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Anak Tunarungu di Sekolah Luar Biasa Negeri Salatiga Tahun Pelajaran 2020/2021. Salatiga: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: DR. Lilik Sriyanti, M.SI Tujuan penelitian ini adalah; (1) untuk mengenal strategi pembelajaran PAI yang diterapkan guru pada anak tunarungu di Sekolah Luar Biasa Negeri Salatiga, (2) untuk menganalisis pengaruh strategi pembelajaran PAI terhadap kelainan yang ada pada anak tunarungu di Sekolah Luar Biasa Negeri Salatiga, (3) untuk mengungkap faktor penghambat dan pendukung dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada anak tunarungu di Sekolah Luar Biasa Negeri Salatiga. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pola pendekatan fenomenologis. Dalam pendekatan fenomenologi peneliti berusaha memahami arti dari berbagai kejadian-kejadian pada kegiatan pembelajaran PAI di SLB Negeri Salatiga, pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data di lakukan dengan tahapan: reduksi data, penyajian data, dan membuat kesimpulan. Data penelitian diperiksa keabsahannya dengan menggunakan teknik triangulasi sumber, metode, dan teori. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Dalam melakukan kegiatan pembelajaran, guru menggunakan berbagai strategi pembelajaran yang didominasi strategi konvensional, yaitu strategi pembelajaran dimana guru agama Islam mendominasi proses pembelajaran. 2) Pengaruh strategi PAI menggunakan strategi konvensional yang bersistem Teacher Center Learning (TCL), yakni proses pembelajaran yang berpusat pada guru, maka dari itu sistem pembelajaran ini menyebabkan guru agama Islam mendominasi dan siswa tunarungu menjadi pasif dalam proses pembelajaran. 3) Faktor penghambat pembelajaran PAI terdiri atas (a) faktor internal; (1) faktor fisiologis, (2) faktor psikologis yang mencakup kurangnya ingatan, terhambatnya perkembangan bahasa, kurangnya konsentrasi. (b) eksternal; lingkungan sosial sekolah (guru) yakni, guru tidak lulusan PLB, minimnya jumlah guru agama, kurangnya penguasaan guru terhadap strategi, serta kurangnya pendampingan orang tua pada saat PJJ berlangsung. Faktor pendukung pembelajaran PAI terdiri atas (a) faktor internal mencakup minat dan motivasi, (b) eksternal yakni terciptanya hubungan yang harmonis antar guru dengan siswa serta guru dengan orang tua, pihak pemerintah memberikan paket kuota belajar gratis. Kata Kunci: Strategi Pembelajaran PAI, Anak Berkebutuhan Khusus, Tunarungu
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 03 Jun 2024 19:27 |
Last Modified: | 03 Jun 2024 19:27 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20521 |
Actions (login required)
View Item |