Pengaruh Model Kooperatif Learning Course Review Horay Dengan Media Konkret Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Materi Pecahan Kelas V Mi Ma’arif Mangunsari Salatiga Tahun Ajaran 2023/2024

Utami, Desy Sari (2024) Pengaruh Model Kooperatif Learning Course Review Horay Dengan Media Konkret Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Materi Pecahan Kelas V Mi Ma’arif Mangunsari Salatiga Tahun Ajaran 2023/2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
DESY SARI UTAMI NIM. 23040200052.pdf

Download (5MB)
[img] Text
DESY SARI UTAMI NIM. 23040200052.pdf

Download (5MB)
[img] Text
DESY SARI UTAMI NIM. 23040200052.pdf

Download (5MB)
[img] Text
DESY SARI UTAMI NIM. 23040200052.pdf

Download (5MB)
[img] Text
DESY SARI UTAMI NIM. 23040200052.pdf

Download (5MB)
[img] Text
DESY SARI UTAMI NIM. 23040200052.pdf

Download (5MB)

Abstract

Utami, Desy Sari. 2024. “Pengaruh Model Kooperatif Learning Course Review Horay Dengan Media Konkret Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Materi Pecahan Kelas V MI Ma’arif Mangunsari Salatiga Tahun Ajaran 2023/2024”. Skripsi: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga, Pembimbing Hesti Ariestina, M.Pd. Kata Kunci: CRH, Media Konkret, Kemampuan Berpikir Kritis, Matematika Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model kooperatif learning Course Review Horay dengan media konkret terhadap kemampuan berpikir kritis pada siswa kelas V MI Ma’arif Mangunsari Salatiga Tahun Ajaran 2023/2024 Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis eksperimen Nonequivalent Control Group Design. Waktu penelitian pada bulan Januari 2024. Sampel penelitian terdiri dari 52 siswa, 26 siswa di kelas V A sebagai kelas eksperimen dan 26 siswa di kelas V E sebagai kelas kontrol. Uji coba instrumen menggunakan uji validitas, reliabilitas, daya pembeda, dan taraf kesukaran. Sementara uji hipotesis yang digunakan adalah uji perbedaan rata-rata, uji regresi linier sederhana, dan uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, hasil pretest dan postest kelas eksperimen adalah 49 dan 81,2. Sementara hasil pretest dan postest kelas kontrol adalah 33 dan 63,3. Meningkatnya hasil tes belajar siswa dipengaruhi oleh perlakuan yang diberikan oleh guru dalam pembelajaran. Kelas eksperimen menggunakan model Course Review Horay dan media konkret, sementara di kelas kontrol menggunakan model ceramah, diskusi, dan tanya jawab. Hasil perbedaan rata-rata (0,00 < 0,05), hasil uji regresi linier sederhana (0,005 < 0,05), hasil uji N-Gain di kelas eksperimen adalah 0,63 dengan kategori N-Gain Tinggi. Sementara hasil uji N-Gain di kelas kontrol adalah 0,41 dengan kategori N-Gain Sedang. Maka uji hipotesis dinyatakan Ha diterima dan H_0 ditolak. Pada skor rata-rata kemampuan guru yang diperoleh dalam pembelajaran di kelas eksperimen adalah 88 dengan kategori sangat baik. Skor rata-rata kemampuan guru yang diperoleh dalam pembelajaran di kelas kontrol adalah 76 dengan kategori baik. Persentase rata-rata aktivitas siswa di kelas eksperimen adalah 93,5% dengan kategori sangat aktif. Persentase rata-rata aktivitas siswa di kelas kontrol adalah 81% dengan kategori aktif. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa model kooperatif learning Course Review Horay dengan media konkret berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi pecahan kelas V MI Ma’arif Mangunsari Salatiga tahun ajaran 2023/2024.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 25 Jun 2024 16:52
Last Modified: 25 Jun 2024 16:52
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20656

Actions (login required)

View Item View Item