alfatah, akhid ilyas (2024) STRATEGI EDUTAINMENT DALAM MENANAMKAN NILAI KEMANDIRIAN DAN KEDISIPLINAN SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SMP TAHFIZHUL QURAN ANNIDA SALATIGA. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
TESIS Strategi Edutainment AKHID ILYAS ALFATAH 12010200055.pdf Download (6MB) |
|
Text
TESIS Strategi Edutainment AKHID ILYAS ALFATAH 12010200055.pdf Download (6MB) |
|
Text
TESIS Strategi Edutainment AKHID ILYAS ALFATAH 12010200055.pdf Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan memperoleh gambaran secara mendalam desain pembelajaran dan implikasi strategi edutainment untuk menanamkan nilai kemandirian dan kedisiplinan siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam SMP TQ Annida Salatiga. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif pendekatan field research. Subjek dalam penelitian ini adalah guru PAI, guru pendamping, kepala sekolah, serta siswa kelas VII dan VIII SMP TQ Annida Salatiga. Teknik pengumpulan data didapat melalui observasi, wawancara, serta dokumentasi. Pada penelitian ini terdapat empat tahap analisis data yaitu 1) Pengumpulan data; 2) Reduksi data; 3) Penyajian data; 4) Penarikan kesimpulan terkait penerapan strategi edutainment, penanaman dan kondisi kemandirian serta kedisiplinan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Desain pembelajaran strategi edutainment dalam penanaman nilai kemandirian dan kedisiplinan pada mata pelajaaran pendidikan agama Islam SMP TQ Annida berupa rancangan pembelajaran yang terdiri dari: a) penguatan karakter kemandirian dan kedisiplinan pada setiap tahap pembelajaran, b) pemanfaatan lingkungan dalam edutainment, c) mengvariasikan metode pembelajaran yaitu menggunakan metode diskusi dan demonstrasi, d) membuat siswa merasa nyaman, bahagia, termotivasi, dan antusias dalam belajar dengan memberikan ice breaking. 2) Implikasi strategi edutainment dalam penanaman nilai kemandirian dan kedisiplinan siswa berupa siswa-siswi memiliki kesadaran dalam menerapkan nilai-nilai kemandirian dan kedisiplinan dalam kehidupan sehari-hari dengan kondisi bahagia. Dari segi kognitif, siswa siswi pada tingkatan memahami nilai kemandirian dan kedisiplinan. Dari segi afektif, pada tingkatan menerima dan mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Dari aspek psikomotor, pada tingkatan mengaplikasikan. Kata kunci: Edutainment, Kemandirian, Kedisiplinan, Pendidikan Agama Islam
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 26 Jun 2024 17:20 |
Last Modified: | 26 Jun 2024 17:20 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20688 |
Actions (login required)
View Item |