SETIAWAN, OKTARIN ADY (2024) PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SMAIT NURUL ISLAM TENGARAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2023/2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
Oktarin Ady Setiawan_23010200001.pdf Download (2MB) |
|
Text
Oktarin Ady Setiawan_23010200001.pdf Download (2MB) |
|
Text
Oktarin Ady Setiawan_23010200001.pdf Download (2MB) |
|
Text
Oktarin Ady Setiawan_23010200001.pdf Download (2MB) |
|
Text
Oktarin Ady Setiawan_23010200001.pdf Download (2MB) |
|
Text
Oktarin Ady Setiawan_23010200001.pdf Download (2MB) |
|
Text
Oktarin Ady Setiawan_23010200001.pdf Download (2MB) |
|
Text
Oktarin Ady Setiawan_23010200001.pdf Download (2MB) |
|
Text
Oktarin Ady Setiawan_23010200001.pdf Download (2MB) |
|
Text
Oktarin Ady Setiawan_23010200001.pdf Download (2MB) |
|
Text
Oktarin Ady Setiawan_23010200001.pdf Download (2MB) |
|
Text
Oktarin Ady Setiawan_23010200001.pdf Download (2MB) |
|
Text
Oktarin Ady Setiawan_23010200001.pdf Download (2MB) |
|
Text
Oktarin Ady Setiawan_23010200001.pdf Download (2MB) |
|
Text
Oktarin Ady Setiawan_23010200001.pdf Download (2MB) |
|
Text
Oktarin Ady Setiawan_23010200001.pdf Download (2MB) |
|
Text
Oktarin Ady Setiawan_23010200001.pdf Download (2MB) |
|
Text
Oktarin Ady Setiawan_23010200001.pdf Download (2MB) |
|
Text
Oktarin Ady Setiawan_23010200001.pdf Download (2MB) |
|
Text
Oktarin Ady Setiawan_23010200001.pdf Download (2MB) |
|
Text
Oktarin Ady Setiawan_23010200001.pdf Download (2MB) |
|
Text
Oktarin Ady Setiawan_23010200001.pdf Download (2MB) |
|
Text
Oktarin Ady Setiawan_23010200001.pdf Download (2MB) |
|
Text
Oktarin Ady Setiawan_23010200001.pdf Download (2MB) |
|
Text
Oktarin Ady Setiawan_23010200001.pdf Download (2MB) |
|
Text
Oktarin Ady Setiawan_23010200001.pdf Download (2MB) |
|
Text
Oktarin Ady Setiawan_23010200001.pdf Download (2MB) |
|
Text
Oktarin Ady Setiawan_23010200001.pdf Download (2MB) |
|
Text
Oktarin Ady Setiawan_23010200001.pdf Download (2MB) |
|
Text
Oktarin Ady Setiawan_23010200001.pdf Download (2MB) |
|
Text
Oktarin Ady Setiawan_23010200001.pdf Download (2MB) |
|
Text
Oktarin Ady Setiawan_23010200001.pdf Download (2MB) |
|
Text
Oktarin Ady Setiawan_23010200001.pdf Download (2MB) |
|
Text
Oktarin Ady Setiawan_23010200001.pdf Download (2MB) |
|
Text
Oktarin Ady Setiawan_23010200001.pdf Download (2MB) |
|
Text
Oktarin Ady Setiawan_23010200001.pdf Download (2MB) |
|
Text
Oktarin Ady Setiawan_23010200001.pdf Download (2MB) |
|
Text
Oktarin Ady Setiawan_23010200001.pdf Download (2MB) |
|
Text
Oktarin Ady Setiawan_23010200001.pdf Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Setiawan, Oktarin, Ady. 2024. Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SMAIT Nurul Islam Tengaran Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2023/2024. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas tarbiyah dan ilmu keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Siti Rukhayati, M.Ag. Kata Kunci: Pembelajaran Pendidikan Agama Islam; Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Tujuan penelitian penulis adalah: Mendeskripsikan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Penguatan Profil Pelajar Pancasila, metode yang digunakan pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Penguatan Profil Pelajar Pancasila, faktor pendukung dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Penguatan Profil Pelajar Pancasila, dan faktor penghambat dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SMAIT Nurul Islam Tengaran Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2023/2024. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Waka Kurikulum, Waka Kesiswaan, Guru PPKN, Guru BK, Guru Agama, dan peserta didik SMAIT Nurul Islam Tengaran Kabupaten Semarang. Analisa yang digunakan melalui tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan serta verifikasi. Dalam pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan. Pertama, Pembelajaran Pendidikan Agama Islam sudah sesuai dalam penguatan profil pelajar pancasila dengan memasukkan pilar-pilar dimensi pancasila pada pembelajaran. Kedua, metode yang digunakan pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Penguatan Profil Pelajar Pancasila menggunakan metode yang bervariasi seperti keteladanan, kisah atau cerita, pembiasaan, ceramah, dan diskusi. Ketiga, Faktor pendukung pada pembelajaran PAI dalam Penguatan Profil Pelajar Pancasila yaitu: Keinginan dari peserta didik untuk mempelajari Agama Islam, Motede pembelajaran yang bervariasi, lingkungan yang Islami, sarana prasarana dalam menyelenggarakan berbagai kegiatan, Peraturan Kemendikbud No 22 Tahun 2020 mengenai rencana strategis Kemendikbud tahun 2020-2024 sebagai program untuk mewujudkan pelajar Indonesia sebagai pelajar sepanjang hayat yag memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, arahan dan bimbingan dari ustadz ustadzah di berbagai kegiatan. Keempat, Faktor penghambat pada pembelajaran PAI dalam Penguatan Profil Pelajar Pancasila yaitu: waktu KBM yang terbatas, sarana prasaran pada akses digital yang kurang, beberapa guru belum memahami betul mengenai Penguatan Profil Pelajar Pancasila, serta beberapa peserta didik kurang motivasi, kurang konsentrasi pada saat pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 27 Jun 2024 13:38 |
Last Modified: | 27 Jun 2024 13:38 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20713 |
Actions (login required)
View Item |