Yani, Desi Fitri (2024) PENGUATAN NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI PADA SISWA SMA NEGERI 1 TUNTANG TAHUN AJARAN 2023/2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
DESI FITRI YANI 23010200016 PAI.pdf Download (4MB) |
|
Text
DESI FITRI YANI 23010200016 PAI.pdf Download (4MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk menjelaskan proses penguatan nilai-nilai moderasi beragama dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti pada siswa SMA Negeri 1 Tuntang. 2) Mengetahui faktor pendukung penguatan nilai-nilai moderasi beragama. 3) Mengetahui faktor penghambat penguatan nilai-nilai moderasi beragama. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan yang bersifat kualitatif deskriptif. Data yang didapatkan bersumber dari data primer berupa wawancara dengan kepala sekolah, guru PAI, dan siswa, serta sumber sekunder berupa hasil observasi, dokumentasi. Pengumpulan data melalui tahap observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi, penyanjian, penarikan kesimpulan dan verifikasi data. Pengecekan keabsahan menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penlitian menunjukkan bahwa: 1) Proses penguatan nilai-nilai moderasi beragama dilakukan pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti melalui perencanaan pembelajaran, pelaksanaan dan evaluasi. 2) Faktor pendukung penguatan nilai-nilai moderasi beragama: dukungan guru dan kepala sekolah, metode pembelajaran, budaya religius, kerja sama dan dukungan keluarga serta lingkungan sekolah dan fasilitas. 3) Faktor penghambat penguatan nilai-nilai moderasi beragama: kesadaran peserta didik, pergaulan dan lingkungan sosial serta media sosial. Kata Kunci: Penguatan, Moderasi Beragama, Pendidikan Agama Islam
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 27 Jun 2024 15:12 |
Last Modified: | 27 Jun 2024 15:12 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20714 |
Actions (login required)
View Item |