Muntakhibah, Naim (2024) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN CPS MENGGUNAKAN MEDIA MIND MAPPING MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP AL MASUDIYYAH BANDUNGAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
NAIM MUNTAKHIBAH-23060190075.pdf Download (3MB) |
|
Text
NAIM MUNTAKHIBAH-23060190075.pdf Download (3MB) |
|
Text
NAIM MUNTAKHIBAH-23060190075.pdf Download (3MB) |
|
Text
NAIM MUNTAKHIBAH-23060190075.pdf Download (3MB) |
Abstract
Muntakhibah, Naim. 2023. Efektivitas Model Pembelajaran CPS Menggunakan Media Mind Mapping Pada Materi Sistem Ekskresi Manusia Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Al Masudiyyah Bandungan Tahun Pelajaran 2023/2024. Skripsi, Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Muslimah Susilayati, M.Pd. Kata Kunci: Mind Mapping; Hasil Belajar; Creative Problem Solving (CPS) Tujuan penelitian ini adalah mengetahui efektivitas penggunaan model pembelajaran creative problem solving dengan media mind mapping pada materi sistem ekskresi manusia terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Al Masudiyyah Kabupaten Semarang tahun pelajaran 2023/2024. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis true experimental design dan desain penelitian pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas dari kelas VIII A sampai kelas VIII F SMP Al Masudiyyah Bandungan, pengambilan sampel dalam penelitian menggunakan teknik cluster random sampling. Penelitian melibatkan dua kelas sebagai sampel, yaitu kelas VIII D sebagai kelas kontrol dan kelas VIII C sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes dan non-tes. Instrumen tes berupa soal pretest dan posttest yang telah diuji keabsahannya melalui uji validitas, uji reliabilitas, uji daya pembeda soal, dan uji tingkat kesukaran soal. Data pretest dan posttest dianalisis menggunakan program SPSS 27.0 dengan uji normalitas, uji homogenitas, uji t-test (Independent Sample T-test). Instrumen non-tes berupa angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata posttest materi sistem ekskresi manusia kelas eksperimen (74,05) > kelas kontrol (61,57). Berdasarkan analisis uji-t (Independent Sample Test) diperoleh nilai thitung 3,936 > ttabel 1.665 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Dari kesimpulan tersebut membuktikan bahwa pembelajaran menggunakan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) dengan media mind mapping efektif terhadap hasil belajar siswa materi sistem ekskresi manusia kelas VIII SMP Al Masudiyyah Bandungan Tahun Pelajaran 2022/ 2023.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 28 Jun 2024 16:08 |
Last Modified: | 28 Jun 2024 16:08 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20753 |
Actions (login required)
View Item |