EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL BERBASIS PSIKOTERAPI ISLAM UNTUK MENINGKATKAN KONTROL DIRI SISWA DI SMP DHARMA LESTARI

SODIK, JA'FAR (2024) EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL BERBASIS PSIKOTERAPI ISLAM UNTUK MENINGKATKAN KONTROL DIRI SISWA DI SMP DHARMA LESTARI. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI JA'FAR FINISH.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI JA'FAR FINISH.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Ja'far Sodik 23080190060 SKRIPSI.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Sodik, Ja’far. 2024. Efektivitas Layanan Bimbingan Klasikal Berbasis Psikoterapi Islam untuk Meningkatkan Kontrol Diri Siswa di SMP Dharma Lestari. Skripsi, Salatiga: Program Studi Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Salatiga. Pembimbing: Muhamad Rozikan, M.Pd. Kata kunci: Layanan; Bimbingan; Klasikal; Psikoterapi Islam; Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengetahui kontrol diri siswa SMP Dharma Lestari sebelum dilakukan layanan bimbingan klasikal berbasis psikologi Islam. (2) Mengetahui kontrol diri siswa SMP Dharma Lestari setelah dilakukan layanan bimbingan klasikan berbasis psikologi Islam. (3) Mengetahui efektivitas layanan bimbingan klasikal berbasis psikoterapi Islam untuk meningkatkan kontrol diri siswa SMP Dharma Lestari. Penelitian ini mengunakan metode penelitian one grup pre test post-test. Penelitian ini menggunakan sampel sejumlah 32 siswa SMP Dharma Lestari sesuai dengan kriteria penelitian mengenai kontrol diri. Kemudian, setelah mengetahui hasil tersebut, layanan bimbingan klasikal berbasis psikologi Islam diberikan kepada 32 siswa yang masih tergolong kedalam kategori rendah dan sedang. Metode pengumpulan data tersebut menggunakan instrumen penelitian berbentuk angket. Analisis data menggunakan teknik statistik parametrik dan uji Paired Sample T-Test. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Setelah dilakukan pengukuran terhadap tingkat kontrol diri siswa menggunakan data hasil pretest. Hasil analisis menunjukkan bahwa dari 32 siswa yang terlibat, 17 siswa (53,12%) berada dalam kategori rendah, sementara 15 siswa (46,87%) berada dalam kategori sedang. Melalui hasil ini mengindikasikan bahwa sebelum dilakukannya bimbingan klasikal berbasis psikologi Islam, mayoritas siswa di SMP Dharma Lestari memiliki tingkat kontrol diri yang masih dalam kategori rendah dan sedang. (2) Setelah dilakukan layanan konseling bimbingan klasikal berbasis psikoterapi Islam, terlihat adanya kecenderungan peningkatan kontrol diri peserta didik, mencapai tingkat tinggi dengan rata-rata sebesar 112,03. Dari data tersebut menunjukkan perubahan yang signifikan dalam tingkat kontrol diri peserta didik setelah penerapan konseling, yang dapat diartikan bahwa konseling bimbingan klasikal berbasis psikoterapi Islam berpotensi meningkatkan kontrol diri peserta didik dari tingkat rendah menuju tingkat tinggi. Rata-rata yang lebih tinggi pada posttest menunjukkan dampak positif dari intervensi konseling terhadap perkembangan kontrol diri peserta didik. (3) Bimbingan klasikal berbasis psikoterapi Islam efektif guna meningkatkan kontrol diri siswa SMP Dharma Lestari Salatiga. Hal tersebut dapat dilihat pada hasil skor yang diperoleh dari skor rata-rata posttest lebih besar dari pretest yang sudah dilakukan, dan peserta didik sudah mengalami perubahan yang lebih baik dari sebelum diberikan layanan konseling. Hal tersebut dapat dilihat pada hasil perhitungan uji t Paired Sample test diketahui nilai sig.(2-tailed) sebesar 0,00 < 0,05 sehingga hipotesis (Ho) ditolak dan hipotesa alternatif (Ha) diterima.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 01 Jul 2024 16:28
Last Modified: 01 Jul 2024 16:28
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20813

Actions (login required)

View Item View Item