Septyani, Nuril (2024) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DAN TWO STAY TWO STRAY (TSTS) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MADRASAH IBTIDAIYAH. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
NURIL SEPTYANI 24.pdf Download (1MB) |
Abstract
Septyani, Nuril. 2024. Efektivitas Model Pembelajaran Make A Match dan Two Stay Two Stray (TSTS) terhadap Hasil Belajar Matematika Madrasah Ibtidaiyah. Tesis. Program Pascasarjana. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Prof. Winarno, S.Si., M.Pd Hasil belajar matematika Madrasah Ibtidaiyah Kecamatan Kedu khususnya MI Istiqlal Ngadimulyo masih kurang. Hal ini dikarenakan penggunaan model pembelajaran yang kurang bervariasi. Sehingga guru perlu melakukan model pembelajaran aktif yang berpusat kepada peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran Make A Match dan Two Stay Two Stray (TSTS). Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab pertanyaan Bagaimana efektivitas model pembelajaran Make A Match terhadap hasil belajar matematika materibangun ruang Madrasah Ibtidaiyah?, Bagaimana efektivitas model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) terhadap hasil belajar matematika materibangun ruang Madrasah Ibtidaiyah?, Dan Bagaimana efektivitas model pembelajaran Make A Match dan Two Stay Two Stray (TSTS) terhadap hasil belajar matematika materibangun ruang Madrasah Ibtidaiyah?. Penelitian ini termasuk kuantitatif eksperimen. Subjek penelitian adalah kelas VA, VB, dan VC MI Istiqlal Ngadimulyo Kecamatan Kedu Kabupaten Temanggung. Instrumen penelitian menggunakan tes (Pretest dan Posttest). Data dianalisis menggunakan uji statistik kesamaan rata-rata independent sample t-test dengan menguji data berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji analisis data menyatakan bahwa Model pembelajaran Make A Match lebih efektif terhadap hasil belajar matematika materi bangun ruang Madrasah Ibtidaiyah dari pada model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS). Hal ini dapat dilihat dari hasil uji efektif (Uji Ganda Scheffe), dengan perbedaan rata-rata (Mean difference) gain kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2 = 13,52941, perbedaan rata-rata (Mean difference) gain kelas eksperimen 1 dan kelas kontrol = 37,70221, dan perbedaan rata-rata (Mean difference) gain kelas eksperimen 2 dan kelas kontrol = 24,17279. Kata Kunci: Efektivitas, Model Pembelajaran Make A Match dan Two Stay Two Stray (TSTS), Hasil Belajar.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 01 Jul 2024 21:44 |
Last Modified: | 01 Jul 2024 21:44 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20844 |
Actions (login required)
View Item |