ARROSYID, MUHAMMAD HARUN (2024) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBANGUN KARAKTER RELIGIUS PADA PESERTA DIDIK SMP N 1 BRINGIN DAN SMP N 3 BRINGIN. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
Tesis Full Harun.pdf Download (5MB) |
|
Text
Tesis Full Harun.pdf Download (5MB) |
|
Text
Tesis Full Harun.pdf Download (5MB) |
|
Text
Tesis Full Harun.pdf Download (5MB) |
Abstract
Muhammad Harun Arrosyid, Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Membangun Karakter Religius Pada Peserta Didik SMP N 1 Bringin dan SMP N 3 Bringin. Tesis. Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri Salatiga. 2024. Pembimbing: Dr. Mukh Nursikin, M.S.I. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi, dampak dan faktor pendukung maupun penghambat pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam membangun karakter religius pada peserta didik SMP N 1 Bringin dan SMP N 3 Bringin. Terdapat pembahasan utama dalam penelitian ini, yaitu: (1) implementasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam membangun karakter religius (2) dampak implementasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam membangun karakter religius (3) faktor pendukung dan penghambat implementasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam membangun karakter religius. Peneliti ini menggunakan pendekatan kualitatif melalui metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif dengan prosedur mengumpulkan, mereduksi data, menyajikan data, dan mengambil kesimpulan yang kemudian di verifikasi. Temuan hasil penelitian ini yaitu: 1) Implementasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam membangun karakter religius pada peserta didik SMP N 1 & 3 Bringin dilaksanakan melalui proses perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi; 2) Dampak implementasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP N 1 Bringin antara lain: (1) Menumbuhkan Disiplin Diri; (2) Meningkatkan Sikap Toleransi; (3) Menambah Kepedulian Sosial; (4) Meningkatkan Kesadaran Spiritual; (5) Pengembangan Etika dan Moral. Sementara di SMP N 3 Bringin yaitu: (1) Terbiasa dalam melaksanakan ibadah; (2) Menumbuhkan sikap toleransi; (3) Memiliki kepedulian terhadap sesame; (4) Menambah pengetahuan ilmu agama; (5) Mentaati tata tertib sekolah; 3) Faktor pendukung implementasi pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP N 1 Bringin dipengaruhi oleh peran sekolah, sarana prasarana dan peran guru sedangkan faktor penghambatnya dipengaruhi oleh siswa dan orang tua. Sementara di SMP N 3 Bringin faktor pendukung implementasi pembelajaran pendidikan agama Islam dipengaruhi oleh peran sekolah dan peran guru, sementara faktor penghambatnya antara lain karena siswa, orang tua, sekolah, dan lingkungan. Kata kunci: Implementasi Pembelajaran, Karakter Religius PAI, Peserta Didik
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 08 Jul 2024 04:12 |
Last Modified: | 08 Jul 2024 04:12 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/21027 |
Actions (login required)
View Item |