IMPLEMENTASI SIKAP TA’AWUN DAN AMANAH PADA ANAK ASUH PANTI ASUHAN PUTRI AISYIYAH TUNTANG

Rahmawati, Annisa (2024) IMPLEMENTASI SIKAP TA’AWUN DAN AMANAH PADA ANAK ASUH PANTI ASUHAN PUTRI AISYIYAH TUNTANG. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
(REVISI) ANNISA RAHMAWATI 23010170361.pdf

Download (1MB)
[img] Text
(REVISI) ANNISA RAHMAWATI 23010170361.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kata Kunci: Implementasi, Sikap Ta’awun, Sikap Amanah. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan Implementasi Sikap Ta’awun pada Anak Asuh Panti Asuhan Putri Aisyiyah Tuntang, (2) Mendeskripsikan Implementasi sikap Amanah pada Anak Asuh Panti Asuhan Putri Aisyiyah Tuntang, serta (3) Mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat Implementasi Sikap Ta’awun dan Amanah pada Anak Asuh Panti Asuhan Putri Aisyiyah Tuntang. Penelitian menggunakan metode kualitatif, informan penelitian adalah Wakil Ketua, pengasuh, dan 4 anak asuh perwakilan jenjang pendidikan. Prosedur pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data: reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, dan triangulasi teknik. Hasil dari penelitian ini yaitu: (1) Implementasi sikap Ta’awun pada anak asuh di panti asuhan putri Aisyiyah Tuntang, dengan program kakak asuh yang membantu dan membimbing anak asuh berusia dini, tidak mengumbar pada khalayak umum latar belakang masalah anak, membantu ketika anak lainnya mengalami sakit, membantu korban kecelakaan lalu lintas yang terjadi di depan panti. (2) Implementasi Sikap Amanah Pada Anak Asuh Panti Asuhan Putri Aisyiyah Tuntang memiliki 3 bentuk diantaranya Amanah kepada Allah SWT dengan mematuhi aturan kedisiplinan beribadah seperti aturan jam sholat, mengaji quran dan kajian ilmu agama. Amanah kepada sesama manusia dengan amanah program kaka asuh, dan amanah kepengurusan beragam acara, Amanah kepada diri sendiri dengan dibiasakan menjaga dan memelihara dirinya dari berbagai penyakit, menyelesaikan tugas sekolah, dan mengikuti kegiatan di panti. (3) Faktor Pendukung dan Penghambat Implementasi Sikap Ta’awun dan Amanah Pada Anak Asuh Panti Asuhan Putri Aisyiyah Tuntang yaitu: faktor pendukung yakni rasa saling membutuhkan, kebersamaan, rasa kekeluargaan, ketakutan akan hukuman, budaya keislaman muhamadiyah, pendidikan yang di dapat anak. Fator Penghambat: pengalaman buruk anak berupa ketidakharmonisan, kekerasan verbal dan fisik, pengekangan, kesulitan ekonomi di keluarga, ketidakdisiplinan anak sekembalinya liburan, rasa lelah atau malas dan kurangnya koordinasi program dengan pengasuh.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 08 Jul 2024 17:35
Last Modified: 08 Jul 2024 17:35
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/21052

Actions (login required)

View Item View Item