syafira, Amalia (2024) PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DIMENSI MANDIRI DAN KREATIF DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BUDI PEKERTI DI SMP MUHAMMADIYAH PLUS KOTA SALATIGA TAHUN AJARAN 2023/2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
AMALIA SYAFIRA. 23010190091.pdf Download (6MB) |
|
Text
AMALIA SYAFIRA. 23010190091.pdf Download (6MB) |
|
Text
AMALIA SYAFIRA. 23010190091.pdf Download (6MB) |
|
Text
AMALIA SYAFIRA. 23010190091.pdf Download (6MB) |
|
Text
AMALIA SYAFIRA. 23010190091.pdf Download (6MB) |
|
Text
AMALIA SYAFIRA. 23010190091.pdf Download (6MB) |
|
Text
AMALIA SYAFIRA. 23010190091.pdf Download (6MB) |
|
Text
AMALIA SYAFIRA. 23010190091.pdf Download (6MB) |
|
Text
AMALIA SYAFIRA. 23010190091.pdf Download (6MB) |
Abstract
Amalia Syafira, Amalia. 2024. Proyek Penguatan Porfil Pelajar Pancasila Dimensi Mandiri dan Kreatif dalam Pendidikan Agama Islam Budi Pekerti di SMP Muhammadiyah Plus Kota Salatiga Tahun Ajaran 2023/2024. Skripsi, Salatiga: Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Purnomo, M.Pd.I. Kata Kunci: Proyek; Dimensi Mandiri; Dimensi Kreatif; Pendidikan Agama Islam Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tahapan dalam merancang perencanaan dan pelaksanaan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila pada dimensi Mandiri dan Kreatif dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti di SMP Muhammadiyah Plus Kota Salatiga tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data didapatkan dari data primer berbentuk hasil wawancara dengan, Kepala Sekolah, waka kurikulum, guru PAI, dan siswa, serta sumber sekunder berupa hasil observasi, dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi, penyajian, penarikan kesimpulan, dan verifikasi data, dengan pengecekan keabsahan melalui triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Proses penelitian dimulai dengan rapat yang melibatkan satuan pendidik dan kepala sekolah untuk membahas aspek-aspek penting proyek profil, seperti pembentukan tim fasilitator, seleksi pendidik, dan evaluasi kesiapan satuan pendidik. Tahapan perencanaan meliputi penentuan dimensi dan tema proyek berdasarkan visi, misi, serta kesiapan pendidik dan siswa. Selanjutnya, tim fasilitator merancang alokasi waktu yang optimal untuk pembelajaran formal dan ekstrakurikuler, serta menyusun modul proyek sesuai dengan terperinci dan sistematis. Dalam pelaksanaan proyek, pendidik merancang kegiatan yang menarik dan interaktif, mendorong siswa untuk berpartisipasi aktif dan menyelesaikan proyek secara mandiri dengan bimbingan yang minimal. Proses ini diakhiri dengan presentasi hasil karya siswa, refleksi dan apresiasi dari pendidik, serta diskusi mengenai proses pembelajaran untuk memberikan motivasi lebih lanjut. Penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SMP Muhammadiyah Plus Kota Salatiga dapat meningkatkan kemandirian dan kreativitas siswa dalam pembelajaran PAI Budi Pekerti, serta mengintegrasikan nilai-nilai Pancasila dalam pengembangan karakter siswa.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 08 Jul 2024 19:38 |
Last Modified: | 08 Jul 2024 19:38 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/21069 |
Actions (login required)
View Item |