PENGEMBANGAN MEDIA GAME SCRATCH CLASSIFYCRAFT EXPLORERS PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP KELAS VII SMP NEGERI 1 SALATIGA

, Rida Oktaviani (2024) PENGEMBANGAN MEDIA GAME SCRATCH CLASSIFYCRAFT EXPLORERS PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP KELAS VII SMP NEGERI 1 SALATIGA. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Skripsi Rida Oktaviani FULL FIKS.pdf

Download (8MB)
[img] Text
Skripsi Rida Oktaviani FULL FIKS.pdf

Download (8MB)
[img] Text
Skripsi Rida Oktaviani FULL FIKS.pdf

Download (8MB)
[img] Text
Skripsi Rida Oktaviani FULL FIKS.pdf

Download (8MB)
[img] Text
Skripsi Rida Oktaviani FULL FIKS.pdf

Download (8MB)
[img] Text
Skripsi Rida Oktaviani FULL FIKS.pdf

Download (8MB)
[img] Text
Skripsi Rida Oktaviani FULL FIKS.pdf

Download (8MB)
[img] Text
Skripsi Rida Oktaviani FULL FIKS.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Hasil analisis kebutuhan media game scratch classifycraft explorers pada materi klasifikasi makhluk hidup kelas VII SMP Negeri 1 Salatiga. 2) Karakteristik media game scratch classifycraft explorers pada materi klasifikasi makhluk hidup kelas VII SMP Negeri 1 Salatiga. 3) Kelayakan media game scratch classifycraft explorers pada materi klasifikasi makhluk hidup kelas VII SMP Negeri 1 Salatiga. 4) Kepraktisan media game scratch classifycraft explorers pada materi klasifikasi makhluk hidup kelas VII SMP Negeri 1 Salatiga. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D) yang menggunakan model penelitian ADDIE yang dikembangkan oleh Robert Maribe Branch mencakup Analysis (analisis), design (desain/perancangan), development (pengembangan), implementation (implementasi/pelaksanaan/uji coba), evaluation (evaluasi). Pada penelitian ini menggunakan tiga langkah yaitu analisis, desain/perancangan, dan pengembangan. Pengembangan media game scratch classifycraft explorers pada materi klasifikasi makhluk hidup ini dinilai oleh ahli dan praktisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Hasil analisis kebutuhan peserta didik dilakukan penyebaran angket pada 90 peserta didik kelas VII menyatakan bahwa penggunaan media game edukasi digital belum pernah digunakan dan sebanyak 94% peserta didik setuju dengan dikembangkannya media game Scratch Classifycraft Explorers. 2) Karakteristik dari media game Scratch Classifycraft Explorers yaitu dapat digunakan di mana saja dan kapan saja (praktis), berisi materi klasifikasi makhluk hidup yang dikemas menarik dan ringkas, berisi kuis dengan tingkat kesulitan berbeda, menyenangkan, menarik, meningkatkan semangat belajar peserta didik. Akan tetapi, tidak terdapat tombol pause, sehingga peserta didik harus memperhatikan materi dari awal sampai akhir yang berjalan selama 12-13 menit dan pada smartphone tertentu tidak bisa diubah ke tampilan penuh. 3) Hasil uji kelayakan yaitu ahli materi dan bahasa sebesar 97,37 % dan ahli media sebesar 86,90% dengan kategori sangat layak. 4) Respon media game Scratch Classifycraft Explorers oleh guru IPA diperoleh persentase 95,84% dan respon peserta didik diperoleh persentase sebesar 86% sehingga dinyatakan sangat praktis.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 09 Jul 2024 17:46
Last Modified: 09 Jul 2024 17:46
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/21116

Actions (login required)

View Item View Item