, Urmila Nurfidiya (2024) PENGEMBANGAN FLASH CARD BERBASIS AUGMENTED REALITY BERBANTUAN ASSEMBLR EDU MATERI EKOLOGI DAN KEANEKARAGAMAN HAYATI INDONESIA KELAS VII MTs NEGERI SALATIGA. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
Urmila Nurfidiya_TIPA_Angkatan 2020.pdf Download (7MB) |
|
Text
Urmila Nurfidiya_TIPA_Angkatan 2020.pdf Download (7MB) |
|
Text
Urmila Nurfidiya_TIPA_Angkatan 2020.pdf Download (7MB) |
|
Text
Urmila Nurfidiya_TIPA_Angkatan 2020.pdf Download (7MB) |
|
Text
Urmila Nurfidiya_TIPA_Angkatan 2020.pdf Download (7MB) |
|
Text
Urmila Nurfidiya_TIPA_Angkatan 2020.pdf Download (7MB) |
|
Text
Urmila Nurfidiya_TIPA_Angkatan 2020.pdf Download (7MB) |
|
Text
Urmila Nurfidiya_TIPA_Angkatan 2020.pdf Download (7MB) |
|
Text
Urmila Nurfidiya_TIPA_Angkatan 2020.pdf Download (7MB) |
|
Text
Urmila Nurfidiya_TIPA_Angkatan 2020.pdf Download (7MB) |
|
Text
Urmila Nurfidiya_TIPA_Angkatan 2020.pdf Download (7MB) |
|
Text
Urmila Nurfidiya_TIPA_Angkatan 2020.pdf Download (7MB) |
|
Text
Urmila Nurfidiya_TIPA_Angkatan 2020.pdf Download (7MB) |
|
Text
Urmila Nurfidiya_TIPA_Angkatan 2020.pdf Download (7MB) |
|
Text
Urmila Nurfidiya_TIPA_Angkatan 2020.pdf Download (7MB) |
|
Text
Urmila Nurfidiya_TIPA_Angkatan 2020.pdf Download (7MB) |
|
Text
Urmila Nurfidiya_TIPA_Angkatan 2020.pdf Download (7MB) |
Abstract
Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) analisis kebutuhan flash card berbasis augmented reality materi ekologi dan keanekaragaman hayati Indonesia kelas VII MTs Negeri Salatiga; 2) karakteristik flash card berbasis augmented reality materi ekologi dan keanekaragaman hayati Indonesia kelas VII MTs Negeri Salatiga; 3) kelayakan flash card berbasis augmented reality materi ekologi dan keanekaragaman hayati Indonesia kelas VII MTs Negeri Salatiga; dan 4) kepraktisan flash card berbasis augmented reality materi ekologi dan keanekaragaman hayati Indonesia kelas VII MTs Negeri Salatiga. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan atau research and development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan 4D milik Thiagarajan, yaitu define, design, development, dan dissemination. Penelitian ini dibatasi hanya pada tahapan development yaitu validasi media. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket dengan menggunakan skala likert kategori skala 1- 4, angket digunakan untuk memperoleh penilaian kelayakan dan kepraktisan dari flash card berbasis augmented reality. Hasil penelitian membuktikan bahwa: 1) analisis kebutuhan flash card berbasis augmented reality oleh guru dan peserta didik adalah belum pernah menggunakan teknologi augmented reality serta belum pernah menggunakan media pembelajaran flash card; 2) karakteristik flash card berbasis augmented reality adalah kartu berukuran 7x10 cm dengan jenis kertas art carton yang memiliki tampilan menarik dilihat dari segi pemilihan warna, font, dan gambar, serta pada sisi belakang terdapat marker; 3) kelayakan flash card berbasis augmented reality berdasarkan penilaian ahli media mendapatkan persentase nilai rata-rata sebesar 92,78% dengan kategori "sangat layak", berdasarkan penilaian ahli materi mendapatkan nilai ratarata sebesar 98,33% dengan kategori "sangat layak"; 4) kepraktisan flash card berbasis augmented reality berdasarkan penilaian guru mendapatkan persentase nilai rata-rata 91,99% dengan kategori "sangat praktis", berdasarkan penilaian peserta didik sebesar 89,24% dengan kategori "sangat praktis"
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 09 Jul 2024 21:25 |
Last Modified: | 09 Jul 2024 21:25 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/21147 |
Actions (login required)
View Item |