, Salsabilla Diva Naurah (2024) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI ICE BREAKING SAINS MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA KELAS VIII J MTs NEGERI SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
Skripsi-Salsabilla Diva N.- 23060200025...pdf Download (5MB) |
|
Text
Skripsi-Salsabilla Diva N.- 23060200025...pdf Download (5MB) |
|
Text
Skripsi-Salsabilla Diva N.- 23060200025...pdf Download (5MB) |
|
Text
Skripsi-Salsabilla Diva N.- 23060200025...pdf Download (5MB) |
|
Text
Skripsi-Salsabilla Diva N.- 23060200025...pdf Download (5MB) |
|
Text
Skripsi-Salsabilla Diva N.- 23060200025...pdf Download (5MB) |
|
Text
Skripsi-Salsabilla Diva N.- 23060200025...pdf Download (5MB) |
|
Text
Skripsi-Salsabilla Diva N.- 23060200025...pdf Download (5MB) |
|
Text
Skripsi-Salsabilla Diva N.- 23060200025...pdf Download (5MB) |
|
Text
Skripsi-Salsabilla Diva N.- 23060200025...pdf Download (5MB) |
Abstract
Naurah, Salsabilla Diva. 2024. Peningkatan Hasil Belajar Melalui Ice Breaking Sains Menggunakan Model Discovery Learning Materi Sistem Pernapasan Manusia Kelas VIII J MTs Negeri Salatiga Tahun Pelajaran 2023/2024. Skripsi, Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Erna Risfaula Kusumawati, M.Si. Kata Kunci: Hasil Belajar; Ice Breaking Sains, Discovery Learning, Sistem Pernapasan Manusia Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar melalui ice breaking sains menggunakan model discovery learning materi sistem pernapasan manusia kelas VIII J MTs Negeri Salatiga Tahun Pelajaran 2023/2024. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan kelas (PTK) yang digunakan untuk memperbaiki proses pembelajaran di kelas. Langkah-langkah PTK yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Adapun subjek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII J MTs Negeri Salatiga yang berjumlah 32 peserta didik. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa penggunaan media ice breaking sains dengan model discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VIII J MTs Negeri Salatiga Tahun Pelajaran 2023/2024. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari hasil belajar pada siklus I terdapat 17 peserta didik yang tuntas (53,123%), dan yang tidak tuntas sebanyak 15 peserta didik (46,875%) dengan nilai rata-rata 73,666. Pada siklus II terdapat 30 peserta didik yang tuntas (93,75%), dan yang tidak tuntas sebanyak 2 peserta didik (6,25%) dengan nilai rata-rata 85,625. Penelitian ini berhenti di siklus II karena pada siklus II sudah mencapai indikator keberhasilan yang telah ditentukan, yaitu ≥85% dari total jumlah peserta didik dalam satu kelas mendapat nilai ≥75.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 10 Jul 2024 00:43 |
Last Modified: | 10 Jul 2024 00:43 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/21154 |
Actions (login required)
View Item |