Rahmawati, Annisa Cahya (2024) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBANTUAN APLIKASI CANVA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI INTERAKSI ANTAR KOMPONEN PENYUSUN EKOSISTEM KELAS VII SMP ISLAM AL-AZHAR 18 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
ANNISA CAHYA R (056) SKRIPSI FINAL.pdf Download (7MB) |
|
Text
ANNISA CAHYA R (056) SKRIPSI FINAL.pdf Download (7MB) |
|
Text
ANNISA CAHYA R (056) SKRIPSI FINAL.pdf Download (7MB) |
|
Text
ANNISA CAHYA R (056) SKRIPSI FINAL.pdf Download (7MB) |
|
Text
ANNISA CAHYA R (056) SKRIPSI FINAL.pdf Download (7MB) |
Abstract
Rahmawati, Annisa Cahya. 2024. Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Berbantuan Aplikasi Canva Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Interaksi Antar Komponen Penyusun Ekosistem Kelas VII SMP Islam Al-Azhar 18 Salatiga Tahun Pelajaran 2023/2024. Skripsi, Salatiga: Program Studi Tadris IPA Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Prof. Dr. Budiyono Saputro, M.Pd. Kata Kunci: Efektivitas, Project Based Learning, Canva, Kemampuan Berpikir Kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui deskripsi hasil belajar siswa pada materi interaksi antar komponen penyusun ekosistem dengan penerapan model PjBL berbantuan aplikasi canva pada siswa kelas VII SMP Islam Al-Azhar 18 Salatiga (2) mengetahui efektivitas model pembelajaran PjBL berbantuan aplikasi Canva terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi interkasi antar komponen penyusun ekosistem kelas VII SMP Islam Al-Azhar 18 Salatiga. Penelitian ini termasuk kuantitatif dengan metode True Experiment dan menggunakan Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi yang diteliti adalah seluruh kelas VII SMP Islam Al-Azhar 18 Salatiga dengan sampel acak yang terdiri dari kelas VII B (kelas kontrol) dan kelas VII C (kelas eksperimen). Teknik pengumpulan data menggunakan soal tes uraian, angket dan observasi. Keabsahan soal diuji dengan uji validitas, uji reabilitas, uji tingkat taraf kesukaran, dan uji daya pembeda soal. Analisis data yang dilakukan dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji independent sample T-test berbantuan program SPSS 29.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan model project based learning (PjBL) berbantuan aplikasi canva sangat memudahkan siswa dalam memahami materi pembelajaran, didukung dengan respon posistif siswa kelas eksperimen dengan presentase 83,40%. Hal tersebut menunjukkan bahwa model dan media yang digunakan sangat baik untuk diaplikasikan dalam pembelajaran. Hasil analisis menggunakan uji independent sample T-test diperoleh thitung (10,933) > ttabel (2,018) dan memiliki nilai Sig.(2-tailed) (0,00) < 0,05, dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan data keaktifan siswa diperoleh presentase 91,65%. Maka dapat dinyatakan bahwa terdapat keefektifan model pembelajaran PjBL berbantuan aplikasi canva terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VII SMP Islam Al-Azhar 18 Salatiga.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 10 Jul 2024 02:47 |
Last Modified: | 10 Jul 2024 02:47 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/21159 |
Actions (login required)
View Item |