Maskur, Mahendri (2024) Analisis Kemampuan Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal IPA Model Programme For International Students Assessment (PISA) 2018 Ditinjau dari Aspek Logika dan Penalaran pada Kelas IX MTs Negeri 4 Kabupaten Magelang Tahun Pelajaran 2023/2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
Mahendri Maskur 23060170024_Skripsi revisi.pdf Download (3MB) |
|
Text
Mahendri Maskur 23060170024_Skripsi revisi.pdf Download (3MB) |
Abstract
Maskur, Mahendri. 2024. Analisis Kemampuan Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal IPA Model Programme For International Students Assessment (PISA) 2018 Ditinjau dari Aspek Logika dan Penalaran pada Kelas IX MTs Negeri 4 Kabupaten Magelang Tahun Pelajaran 2023/2024. Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Jurusan Guru Mata Pelajaran Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing: Fenny Widiyanti, M.Pd. Kata Kunci: Soal IPA Model PISA 2018, Logika dan Penalaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan soal IPA model PISA 2018 ditinjau dari aspek logika dan penalaran pada kelas IX MTs Negeri 4 Kabupaten Magelang tahun pelajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian berpendekatan kualitatif dengan metode analisis deskriptif, karena memiliki tujuan untuk mendeskripsikan suatu fakta serta karakteristik dari subjek penelitian secara sistematis, jujur, dan akurat. Sumber data diperoleh dari peserta didik kelas IX MTs Negeri 4 Kabupaten Magelang. Peneliti menggunakan metode tes, angket dan dokumentasi untuk memperoleh data. Analisis data dalam penelitian ini meliputi tahap reduksi data, tahap penyajian data (data display), dan tahap penarikan kesimpulan (conclusion drawing). Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa kemampuan peserta didik kelas IX MTs Negeri 4 Kabupaten Magelang dalam menyelesaikan soal IPA model PISA 2018 ditinjau dari aspek logika dan penalaran secara umum tergolong sedang dengan rata-rata nilai 62. Hal ini dapat diamati melalui angka persentase kategori kemampuan sangat baik sebesar 10%, kemampuan kategori baik sebesar 16%, kemampuan kategori cukup sebesar 35%, kemampuan kategori rendah dengan persentase 35% dan kemampuan kategori sangat rendah dengan persentase 3%. Kemampuan peserta didik yang baik ditunjukkan dengan mampu menguasai indikator pengetahuan, konteks dan kompetensi serta dapat mengenali masalah, menganalisis argumen, dan menarik kesimpulan untuk mendapatkan pengetahuan baru.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 10 Jul 2024 03:36 |
Last Modified: | 10 Jul 2024 03:36 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/21162 |
Actions (login required)
View Item |