IMPLEMENTASI MODEL TREFFINGER BERBASIS TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL AND CONTENT KNOWLEDGE (TPACK) PADA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DAN SOSIAL (IPAS) DI KELAS IV SD NEGERI PAYUNGAN KECAMATAN KALIWUNGU TAHUN AJARAN 2023/2024

Caesara, Sulthonica Melisagia (2024) IMPLEMENTASI MODEL TREFFINGER BERBASIS TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL AND CONTENT KNOWLEDGE (TPACK) PADA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DAN SOSIAL (IPAS) DI KELAS IV SD NEGERI PAYUNGAN KECAMATAN KALIWUNGU TAHUN AJARAN 2023/2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI_SULTHONICA MELISAGIA CAESARA_1.pdf

Download (4MB)
[img] Text
SKRIPSI_SULTHONICA MELISAGIA CAESARA_1.pdf

Download (4MB)
[img] Text
SKRIPSI_SULTHONICA MELISAGIA CAESARA_1.pdf

Download (4MB)
[img] Text
SKRIPSI_SULTHONICA MELISAGIA CAESARA_1.pdf

Download (4MB)
[img] Text
SKRIPSI_SULTHONICA MELISAGIA CAESARA_1.pdf

Download (4MB)
[img] Text
SKRIPSI_SULTHONICA MELISAGIA CAESARA_1.pdf

Download (4MB)
[img] Text
SKRIPSI_SULTHONICA MELISAGIA CAESARA_1.pdf

Download (4MB)
[img] Text
SKRIPSI_SULTHONICA MELISAGIA CAESARA_1.pdf

Download (4MB)
[img] Text
SKRIPSI_SULTHONICA MELISAGIA CAESARA_1.pdf

Download (4MB)
[img] Text
SKRIPSI_SULTHONICA MELISAGIA CAESARA_1.pdf

Download (4MB)
[img] Text
SKRIPSI_SULTHONICA MELISAGIA CAESARA_1.pdf

Download (4MB)
[img] Text
SKRIPSI_SULTHONICA MELISAGIA CAESARA_1.pdf

Download (4MB)

Abstract

Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan faktor pendukung dan penghambat implementasi model Treffinger berbasis Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) di Kelas IV SD Negeri Payungan, Kecamatan Kaliwungu tahun ajaran 2023/2024. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Pengumpulan data ini dilakukan dengan melakukan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini meliputi kepala sekolah, guru kelas IV, dan siswa kelas IV. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekkan keabsahan dilakukan dengan menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, pada perencanaan implementasi model Treffinger berbasis TPACK diawali dengan guru memahami Capaian Pembelajaran (CP), merumuskan Tujuan Pembelajaran (TP), menyusun Alur Tujuan Pembelajaran (ATP), merancang modul ajar dan merencanakan asesmen. Kedua, pelaksanaannya meliputi 1) Kegiatan pendahuluan, yang mencakup kegiatan orientasi, apersepsi, dan motivasi; 2) Kegiatan inti, terdiri dari tahap I: Basic Tools, tahap II: Practice with Process, hingga tahap III: Working with Real Problem; 3) Kegiatan penutup mencakup kegiatan refleksi dan menyimpulkan materi. Ketiga, faktor pendukung dan penghambat meliputi tingkat kompetensi guru, interaksi antara siswa dan guru, keterlibatan siswa, dan ketersediaan sumber daya di sekolah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 10 Jul 2024 13:52
Last Modified: 10 Jul 2024 13:52
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/21170

Actions (login required)

View Item View Item