WINARKO, AGUS (2024) EFEKTIVITAS LKPD BERBASIS PjBL MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KREATIVITAS SISWA KELAS V MI GONDORIYO TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
TESIS CETAK HARD COVER.pdf Download (9MB) |
|
Text
EFEKTIVITAS LKPD BERBASIS PjBL MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KREATIVITAS SISWA KELAS V MI GONDORIYO TAHUN PELAJARAN 20232024.pdf Download (9MB) |
|
Text
EFEKTIVITAS LKPD BERBASIS PjBL MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KREATIVITAS SISWA KELAS V MI GONDORIYO TAHUN PELAJARAN 20232024.pdf Download (9MB) |
Abstract
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis kuasi eksperimen (Quasi Experimental Research) dengan menggunakan desain pre-post control design. Terdapat dua jenis kelompok dalam penelitian kuasi eksperimen yaitu kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Pada kelompok kontrol menggunakan model konvensional sedangkan pada kelompok eksperimen menggunakan LKPD model pembelajaran PjBL. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VA dan VB MI Gondoriyo dengan sampel seluruh populasi yaitu 32 siswa karena populasi kurang dari 100 maka sampel diambil dengan teknik sensus. Data penelitian diperoleh dari nilai hasil pretest, postets skor angket kreativitas belajar dan dokumentasi. Pengujian hipotesis menggunakan uji independent sample t-test. Hasil penelitian yang telah dilakukan peneliti adalah: (1) Penggunaan LKPD model pembelajaran PjBL pada mata pelajaran IPA materi sistem peredaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa dilihat dari nilai rata-rata postetst siswa pada kelas eksperimen adalah 74,75 dan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 61,25. (2) Penggunaan LKPD model pembelajaran PjBL pada mata pelajaran IPA materi sistem peredaran dapat meningkatkan kreativitas belajar siswa dilihat dari lembar angket dan dokumentasi. (3) Penggunaan LKPD model pembelajaran PjBL pada mata pelajaran IPA efektif terhadap kreativitas dan hasil belajar siswa kelas V MI Gondoriyo. Dibuktikan dari hasil normalitas posttest menunjukkan siginifikansi 0,754 pada kelas eksperimen dan kelaskontrol 0,677 yang keduanya melebihi 0,05. Uji normlitas angket kelas eksperimen dan kontrol berturut-turut 0,152 dn 0,726 yang keduanga lebih dari 0,05. Uji homogenitas posttest dan angket berturut-turut mendapat signifikansi0,168 dan 0,155 yang keduanya lebih dari 0,05. Uji hipotesis menggunakan uji independent sample t-test, diperoleh nilai hasil belajar dengan hasil thitung 2,807 sedangkan ttabel = 2,048, sehingga thitung > ttabel. Hasil analisis kreativitas belajar diperoleh nilai thitung = 8,424 sedangkan ttabel = 2,048 dengan taraf signifikasi 5%, sehingga thitung > ttabel yang artinya Ho ditolak dan Ha diterima. LKPD berbasis PjBL pada penelitian ini bisa dijadikan rujukan bagi sekolah lain terutama untuk pebelajaran kelas V materi sistem peredaran darah.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 10 Jul 2024 17:45 |
Last Modified: | 10 Jul 2024 17:45 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/21180 |
Actions (login required)
View Item |