PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK DIGITAL BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA MATERI BUMI DAN TATA SURYA BERWAWASAN KEISLAMAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII MTs MA'ARIF NU 01 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Afia, Maysahawa (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK DIGITAL BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA MATERI BUMI DAN TATA SURYA BERWAWASAN KEISLAMAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII MTs MA'ARIF NU 01 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Maysahawa Afia_23060200051_Tadris IPA.pdf

Download (7MB)
[img] Text
Maysahawa Afia_23060200051_Tadris IPA.pdf

Download (7MB)
[img] Text
Maysahawa Afia_23060200051_Tadris IPA.pdf

Download (7MB)
[img] Text
Maysahawa Afia_23060200051_Tadris IPA.pdf

Download (7MB)
[img] Text
Maysahawa Afia_23060200051_Tadris IPA.pdf

Download (7MB)
[img] Text
Maysahawa Afia_23060200051_Tadris IPA.pdf

Download (7MB)
[img] Text
Maysahawa Afia_23060200051_Tadris IPA.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengkaji dan mengetahui 1) analisis kebutuhan, 2) karakteristik, 3) kelayakan, dan 4) kepraktisan produk pengembangan media pembelajaran komik digital berbasis discovery learning pada materi bumi dan tata surya berwawasan keislaman untuk meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi dan motivasi belajar siswa kelas VII MTs Ma’arif NU 01 Salatiga Tahun Pelajaran 2023/2024. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (RnD). Pelaksanaan penelitian mengikuti tahapan penelitian Sugiyono yang telah dimodifikasi. Tahapan penelitian termodifikasi ini meliputi potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi produk, dan revisi produk. Potensi dan masalah dilakukan bersamaan dengan pengumpulan data untuk mengetahui kebutuhan media pembelajaran. Desain produk dilakukan dengan medesain produk menggunakan aplikasi canva dan heyzine flip book. Validasi produk dilakukan untuk mengetahui kelayakan dan kepraktisan produk dengan menggunakan angket uji kelayakan dan uji kepraktisan. Revisi produk merupakan tahap akhr yang dilakukan dengan memperbaiki kekurangan produk berdasarkan saran dari validator dan praktisi. Hasil penelitian berupa adanya kebutuhan komik digital berbasis discovery learning pada materi bumi dan tata surya berwawasan keislaman sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi dan motivasi belajar siswa. Komik digital berbasis discovery learning pada materi bumi dan tata surya dengan karakteristik berbentuk website, berwawasan keislaman, dilengkapi dengan LKPD dan evaluasi berindikator keterampilan berpikir tingkat tinggi ini dinyatakan sangat layak dengan persentase ahli materi sebesar 95%, ahli media 96,6%, praktisi 96,6%, dan respon pengguna sebesar 81,2%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 10 Jul 2024 20:03
Last Modified: 10 Jul 2024 20:03
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/21191

Actions (login required)

View Item View Item