EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DENGAN BAHAN BEKAS MATERI SISTEM TATA SURYA TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 BRINGIN TAHUN AJARAN 2023/2024

Rahmawati, Novita (2024) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DENGAN BAHAN BEKAS MATERI SISTEM TATA SURYA TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 BRINGIN TAHUN AJARAN 2023/2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Skripsi Novita Rahmawati 23060200011.pdf

Download (7MB)
[img] Text
Skripsi Novita Rahmawati 23060200011.pdf

Download (7MB)
[img] Text
Skripsi Novita Rahmawati 23060200011.pdf

Download (7MB)
[img] Text
Skripsi Novita Rahmawati 23060200011.pdf

Download (7MB)
[img] Text
Skripsi Novita Rahmawati 23060200011.pdf

Download (7MB)
[img] Text
Skripsi Novita Rahmawati 23060200011.pdf

Download (7MB)
[img] Text
Skripsi Novita Rahmawati 23060200011.pdf

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran berbasis proyek dengan bahan bekas materi sistem tata surya terhadap hasil belajar kognitif dan keterampilan proses sains siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bringin tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis true experiment dengan desain pretest-posttest control group design. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah soal pilihan ganda, lembar observasi, dan lembar angket. Teknik analisis data yang digunakan berupa uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda, dan uji Manova. Berdasarkan analisis data dan pengujian hipotesis yang telah dilakukan pada penelitian ini maka dapat diketahui bahwa hasil uji Manova dengan nilai sig. kurang dari 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa: 1) model pembelajaran berbasis proyek dengan bahan bekas materi sistem tata surya efektif terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas VII. 2) model pembelajaran berbasis proyek dengan bahan bekas materi sistem tata surya efektif terhadap keterampilan proses sains siswa kelas VII. Implikasi dari hasil penelitian ini adalah guru dapat menggunakan model pembelajaran berbasis proyek dengan bahan bekas serta mempermudah siswa dalam memahami konsep dan materi sistem tata surya. Penelitian ini diharapkan memberikan kontribusi untuk menjadi salah satu referensi lanjutan kepada peneliti yang berfokus pada model pembelajaran berbasis proyek. Kata Kunci: Model Pembelajaran Berbasis Proyek, Bahan Bekas, Hasil Belajar Kognitif, Keterampilan Proses Sains

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 11 Jul 2024 03:30
Last Modified: 11 Jul 2024 03:30
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/21213

Actions (login required)

View Item View Item