PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VISUALIZATION, AUDITORY, KINESTETHIC (VAK) BERBANTUAN PHET SIMULATION PADA MATERI GETARAN TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 BRINGIN TAHUN AJARAN 2023/2024

Abdiani, Nisa (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VISUALIZATION, AUDITORY, KINESTETHIC (VAK) BERBANTUAN PHET SIMULATION PADA MATERI GETARAN TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 BRINGIN TAHUN AJARAN 2023/2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI-NISA ABDIANI-23060200026...pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI-NISA ABDIANI-23060200026...pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI-NISA ABDIANI-23060200026...pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI-NISA ABDIANI-23060200026...pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI-NISA ABDIANI-23060200026...pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI-NISA ABDIANI-23060200026...pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI-NISA ABDIANI-23060200026...pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI-NISA ABDIANI-23060200026...pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Visualization, Auditory, Kinestethic (VAK) berbantuan PhET simulation pada materi getaran terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bringin tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode true experimental design, bentuk desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Desain. Pemilihan sampel menggunakan teknik Cluster random sampling. Pengumpulan data diambil berdasarkan instumen tes berupa pretest dan posttest serta instrumen nontes berupa angket dan lembar observasi aktivitas peserta didik. Data diolah dengan bantuan aplikasi SPSS versi 29. Hasil uji korelasi menunjukan nilai rhitung (0,724) > rtabel (0,329). Uji regresi linear sederhana memperoleh nilai thitung (6,118) > ttabel (2,032) yang artinya Ha diterima dan Ho ditolak. Persamaan regresi yang diperoleh yaitu Y = -26,351 + 1,343 X. Nilai R square diketahui sebesar 0,524. Artinya variabel X mempengaruhi variabel Y sebesar 52, 4%. Hasil tersebut juga didukung dengan hasil observasi dengan persentase sangat baik sebesar 77,43% dan angket respon siswa dengan persentase setuju sebesar 76,18%. Kata Kunci: Visualization, Auditory, Kinestethic (VAK); PhET Simulation; Getaran; Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 11 Jul 2024 03:40
Last Modified: 11 Jul 2024 03:40
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/21214

Actions (login required)

View Item View Item