ANALISIS PENGGUNAAN SMARTPHONE DALAM MANAJEMEN WAKTU BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V DI MI ISLAMIYAH KARANGKEPOH BOYOLALI

Adhani, Laeliyah Anisatin (2024) ANALISIS PENGGUNAAN SMARTPHONE DALAM MANAJEMEN WAKTU BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V DI MI ISLAMIYAH KARANGKEPOH BOYOLALI. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
skripsi Laeliyah- yess fix- revisi 22.pdf

Download (1MB)
[img] Text
skripsi Laeliyah- yess fix- revisi 22.pdf

Download (1MB)
[img] Text
skripsi Laeliyah- yess fix- revisi 22.pdf

Download (1MB)
[img] Text
skripsi Laeliyah- yess fix- revisi 22.pdf

Download (1MB)
[img] Text
skripsi Laeliyah- yess fix- revisi 22.pdf

Download (1MB)
[img] Text
skripsi Laeliyah- yess fix- revisi 22.pdf

Download (1MB)
[img] Text
skripsi Laeliyah- yess fix- revisi 22.pdf

Download (1MB)
[img] Text
skripsi Laeliyah- yess fix- revisi 22.pdf

Download (1MB)
[img] Text
skripsi Laeliyah- yess fix- revisi 22.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana penggunaan smartphone terhadap peserta didik kelas V di MI Islamiyah Karangkepoh Boyolali, (2) bagaimana manajemen waktu belajar peserta didik kelas V di MI Islamiyah Karangkepoh Boyolali, (3) bagaimana dampak penggunaan smartphone terhadap manajemen waktu belajar peserta didik kelas V di MI Islamiyah Karangkepoh Boyolali, (4) dan upaya mengatasi manajemen waktu belajar terhadap smartphone kepada peserta didik kelas V MI Islamiyah Karangkepoh Boyolali. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yaitu penelitian yang dilakukan untuk memahami fenomena sosial dan mengutamakan teknik pengumpulan datanya melalui observasi keadaan di sekitar. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas, orang tua dan siswa. Pengumpulan data ini dilakukan dengan mengadakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Responden yang digunakan dalam penelitian berjumlah 6 orang, terdiri dari, 2 siswa kelas V, 2 orang tua, dan 2 guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik kelas V MI Islamiyah Karangkepoh Boyolali sudah diberikan smartphone pribadi oleh orang tuanya dengan tujuan smartphone dapat digunakan sebagai sarana penunjang peserta didik dalam belajar di rumah. Sementara itu, peserta didik ini masih membutuhkan bantuan orang tua dan guru untuk membatasi diri mengakses internet. Dalam praktiknya kebanyakan peserta didik masih belum bijak dalam menggunakan smartphone. Peserta didik ini menunjukkan bahwa terkena dampak positif serta negatif dari penggunaan smartphone ini. Oleh karena itu sangat perlu beberapa upaya dilakukan untuk mengurangi hal tersebut. Upaya dari orang tua dan guru yaitu dengan berusaha mendampingi anak ketika menggunakan smartphone, mengatur jadwal keseharian anak, serta selalu mengingatkan anak untuk selalu mengerti kapan waktu untuk berhenti ketika bermain smartphone.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 11 Jul 2024 11:58
Last Modified: 11 Jul 2024 11:58
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/21217

Actions (login required)

View Item View Item