Ulum, Dafiniatul (2024) Implementasi Pembelajaran Matematika Berbasis Multiple Intellegence (MI) di Madrasah Ibtidaiyah. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
DAFINIATUL ULUM_PPS PGMI_12020200052.pdf Download (4MB) |
|
Text
DAFINIATUL ULUM_PPS PGMI_12020200052.pdf Download (4MB) |
|
Text
DAFINIATUL ULUM_PPS PGMI_12020200052.pdf Download (4MB) |
Abstract
Ulum, Dafiniatul. 2024. Implementasi Pembelajaran Matematika Berbasis Multiple Intelligences (MI) di Madrasah Ibtidaiyah. Program Pascasarjana Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Universitas Islam Negeri (UIN) Salatiga. Pembimbing : Dr. Oktio Frenki Biantoro, M.Pd.I Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis Implementasi pembelajaran berbasis Multiple Intelligences (MI) di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Pulutan, Salatiga. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi kasus. Subjek dari penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Waka Kurikulum, dan Guru Kelas di MI Ma’arif Pulutan, Salatiga. Teknik pengumpulan data diperoleh dari wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu : reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa MI Maarif Pulutan sudah mengimplementasikan pembelajaran matematika berbasis Multiple Intelligences (MI). Hal ini dapat dilihat dari : (1) Implementasi pembelajaran matematika berbasis Multiple Intelligences (MI) sudah dilaksanakan dengan penggunaan metode dan strategi pembelajaran yang memperhatikan keragaman kederdasan siswa, mempersiapkan guru untuk merancang dan mengelola pembelajaran sesuai dengan pendekatan MI, mengevaluasi pembelajaran sesuai dengan pendekatan MI untuk memastikan pembelajaran yang holistic, juga adanya dukungan dari madrasah dan stake holder dalam menjamin kesuksesan penerapan pembelajaran berbasis MI dilingkungan Pendidikan. (2) Guru sangat berperan dalam penerapan pembelajaran matematika berbasis Multiple Intelligences (MI) di MI Ma’arif Pulutan dengan menusun dan melaksanakan pembelajaran yang menyenangkan dan efektif, menciptakan lingkungan belajar yang kondusif serta membimbing dan memotvasi siswa secara optimal. (3) Dampak pembelajaran matematika berbasis MI ini adalah peningkatan keterlibatan siswa dalam proses belajar, pemahaman yang lebih baik serta peningkatan hasil belajar siswa secara keselurhan.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 12 Jul 2024 16:41 |
Last Modified: | 12 Jul 2024 16:41 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/21308 |
Actions (login required)
View Item |