PENERAPAN MEDIA MIND MAPPING DALAM PEMBELAJARAN KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII MTS ASSAKINNAH TAHUN AJARAN 2023/2024

HIDAYAH, MIFTAKUL (2024) PENERAPAN MEDIA MIND MAPPING DALAM PEMBELAJARAN KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII MTS ASSAKINNAH TAHUN AJARAN 2023/2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI MIFTAKUL HIDAYAH.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI MIFTAKUL HIDAYAH.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI MIFTAKUL HIDAYAH.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI MIFTAKUL HIDAYAH.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI MIFTAKUL HIDAYAH.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI MIFTAKUL HIDAYAH.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI MIFTAKUL HIDAYAH.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI MIFTAKUL HIDAYAH.pdf

Download (3MB)

Abstract

Hidayah, Miftakul. 2024. Penerapan Media Mind Mapping Dalam Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII MTs Assakinnah Tahun Ajaran 2023/2024. Skripsi. Salatiga: Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam (T.IPA). Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK). Universitas Islam Negeri (UIN) Salatiga. Pembimbing: Arif Billah, S.Si., M.Pd. Kata Kunci: Hasil Belajar IPA, Penerapan Media Mind Maping. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Penerapan Media Mind Mapping Dalam Pembelajaran Ipa Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII MTs Assakinnah Tahun Ajaran 2023/2024. Rumusan masalah dalam penelitian ini apakah penerapan media mind mapping dapat meningkatkan hasil belajar IPA siwa pada materi klasifikasi makhluk hidup kelas VII MTs Assakinnah. Sehingga yang menjadi tujuan penelitian adalah untuk mengetahui Penerapan Media Mind Mapping Dalam Pembelajaran Ipa Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII MTs Assakinnah Tahun Ajaran 2023/2024. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas VII MTs Assakinnah dengan jumlah siswa 25 orang, dengan siswa Laki-laki 10 orang dan siswi perempuan 15 orang. Teknik pengumpulan data terdiri dari observasi, tes dan dokumentasi. Instrumen penelitian ini menggunakan: instrumen lembar pengamatan. Hasil belajar siswa yang dapat dianalisis secara deskriptif yang dilakukan terdiri atas empat rangkaian yakni berupa tahapan-tahapan sebagai berikut: perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian dan pembahasan hasil penelitian tindakan kelas selama tiga siklus dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar kompetensi dasar mendiskripsikan materi klasifikasi makhluk hidup mata pelajaran IPA kelas VII Mts Assakinnah semester gasal tahun 2023/2024 antara sebelum tindakan nilai rata-rata pada setiap siklus.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 16 Jul 2024 15:09
Last Modified: 16 Jul 2024 15:09
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/21391

Actions (login required)

View Item View Item