Ma'ashfa, Arina (2024) HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DAN EFIKASI DIRI DENGAN PROKRASTINASI AKADEMIK MATA PELAJARAN PAI SISWA SMA NEGERI 1 TENGARAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2023/2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
ARINA MA'ASHFA 23010200034.pdf Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Ma’ashfa, Arina.. 2024. Hubungan Antara Motivasi Belajar dan Efikasi Diri dengan Prokrastinasi Akademik Mata Pelajaran PAI Siswa SMA Negeri 1Tengaran Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2023/2024. Skripsi, Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga, Pembimbing: Siti Rukhayati, M.Ag. Kata Kunci: motivasi belajar; efikasi diri; prokrastinasi akademik mata pelajaran PAI Tujuan dari penelitian ini adalah ntuk mengetahui motivasi belajar, efikasi diri, prokrastinasi akademik mata pelajaran PAI, hubungan negatif antara motivasi belajar dengan prokrastinasi akademik mata pelajaran PAI, hubungan negatif antara efikasi diri dengan prokrastinasi akademik mata pelajaran PAI, dan hubungan negatif antara motivasi belajar dan efikasi diri dengan prokrastinasi akademik mata pelajaran PAI siswa SMA N 1 Tengaran Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2023/2024. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa muslim SMA N 1 Tengaran Kabupatn Semarang yang berjumlah 1.112 siswa dengan sampel penelitian sebanyak 112 siswa yang diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik Pengambilan data dengan menggunakan dokumentasi dan kuesioner. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis korelasi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) motivasi belajar siswa dengan presentase 51% memiliki kriteria sedang, (2) efikasi diri siswa dengan presentase 41% memiliki kriteria rendah, (3) Perilaku prokrastinasi akademik mata pelajaran dengan presentase 39% memiliki ktiteria sedang, (4) Terdapat hubungan negatif antara motivasi belajar dengan prokrastinasi akademik mata pelajaran PAI dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan rhitung -0,346 > rtabel 0,176 artinya semakin tinggi motivasi belajar seseorang maka akan semakin rendah perilaku prokrastinasi akademik (5) Terdapat hubungan negatif antara efikasi diri dengan prokrastinasi akademik mata pelajaran PAI dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan rhitung -0,546 > rtabel 0,176 artinya semakin tinggi efikasi diri siswa maka akan semakin rendah perilaku prokrastinasi akademik (6) Terdapat hubungan negatif antara motivasi belajar dan efikasi diri dengan prokrastinasi akademik mata pelajaran PAI siswa SMA Negeri 1 Tengaran Tahun Ajaran 2023/2024 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan nilai rhitung -0,549 > rtabel 0,176 artinya semakin tinggi motivasi belajar dan efikasi diri siswa maka akan semakin rendah perilaku prokrastinasi akademik mata pelajaran PAI siswa.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 16 Jul 2024 19:28 |
Last Modified: | 16 Jul 2024 19:28 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/21395 |
Actions (login required)
View Item |