Mutmainah, Tjik (2024) IMPLEMENTASI MODERASI BERAGAMA PERSPEKTIF IMAM AL-GHAZALI. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
REVISI Toko.pdf Download (1MB) |
|
Text
Tjik Mutmainah.pdf Download (1MB) |
|
Text
Tjik Mutmainah.pdf Download (1MB) |
|
Text
Tjik Mutmainah.pdf Download (1MB) |
Abstract
Mutmainah, Tjik 2024. Implementasi Moderasi Beragama (Perspektif Imam Al- Ghazali)". Skripsi. Salatiga: Program Studi Aqidah Filsafat Islam, Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora, Institut Agama Islam Negeri Salatiga 2024. Penerapan Moderasi beragama merupakan hal yang harus dijaga agar tidak menimbulkan pepecahan dalam beragama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Apakah konsep moderasi beragama (wasathiyah islam) itu? Bagaimana implementasi konsep moderasi beragama (wasathiyah islam) menurut imam al-ghazali? Penelitian ini ialah penelitian kepustakaan (library research). Dalam riset pustaka, sumber perpustakaan dimanfaatkan untuk memperoleh data penelitiannya. Sumber primer Dalam penelitian ini adalah kitab Ayyuhal Walad, Ihya Ulumudin, serta sumber sekunder dari beberapa: jurnal, artikel, dan media sosial yang berhubungan dengan moderasi beragama Berdasarkan hasil penelitian diatas maka dapat disimpulkan. Kajian pemikiran imam al- ghazali dalan penelitian ini fokus terhadap karyanya berujudul Ayyuha Al-Walad yang mana moderasi berarti mengedepankan spirit bersatu, memahami, dan saling memuliakan satu sama lain. Yang intinya adalah semangat tentang saling menjaga dan menghormati satu sama lain. Implementasi moderasi beragama yakni dimulai dengan menerapkan dan mengenalkan nilai-nilai moderasi agama pada anak, yakni sikap toleransi antar beragama, suku, dan juga warna kulit Kata kunci: Moderasi, Agama, Al-Ghozali
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 02 Aug 2024 18:34 |
Last Modified: | 02 Aug 2024 18:34 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/21427 |
Actions (login required)
View Item |