KHOLIFAH, SITI (2024) POLA ASUH ORANG TUA TUNGGAL DI RA MASYITOH TENGARAN DALAM MENDIDIK ANAK USIA DINI. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
SITI KHOLIFAH 23050170031 (1).pdf Download (1MB) |
|
Text
SKRIPSI SILVI TITASARI PIAUD 2021.pdf Download (2MB) |
Abstract
Kholifah, Siti . 2023. Pola Asuh Orang Tua Tunggal RA Masyitoh Tengaran Dalam Mendidik Anak Usia Dini. Skripsi, Salatiga: Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing Viktor Purhanudin, M.Pd Kata Kunci: Pola Asuh, Orang Tua Tunggal, Anak Usia Dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pola Asuh Orang Tua Tunggal Dalam Mendampingi Anak Usia Dini Belajar Dari Rumah. Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat Pola Asuh Orang Tua Tunggal Terhadap Anak Usia Dini. Faktor pendukung orang tua tunggal dalam membimbing anak usia dini belajar yang lain yaitu dimana kemandirian seorang anak yang mampu mengerjakan tugasnya sendiri tanpa bergantung dengan orang lain. Faktor pendukung tersebut berkaitan dengan teori yang diungkapkan Aryoseta Bagaskara (2020) terbentuknya disiplin pada siswa dipengaruhi 2 faktor, yaitu keadaan fisik dan keadaan psikis. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber data primer yakni hasil wawancara dengan Orang Tua sedangkan sumber data sekunder yakni dikumpulkan dari observasi. Pengumpulan data ini dilakukan dengan mengadakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini meliputi reduksi data, penyadian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa orang tua menggunakan model pola asuh demokratis, anak dari orang tua tunggal yang menanamkan bentuk pola asuh demokratis nampak menampilkan perilaku moral yang baik sesuai dengan harapan. Karena dalam pola asuh ini orang tua memberikan kesempatan berdialog serta memperhatikan dan menghargai hak-hak anak. Orang tua memberikan batasan terhadap anak mana yang boleh dilakukan dan mana yang tidak. Akan tetapi tidak semua yang dilakukan anak itu benar. Jadi orang tua tetap mengawasi yang dilakukan anak. Jika anak melakukan kesalahan maka orang tua memberikan contoh yang benar dan menyarankan anak untuk melakukan yang benar.Faktor penghambat dan pendukung dapat disimpulkan bahwa ada pengasuh anak selain orang tua. Yaitu kakaknya, kakek atau nenek, sanak saudara dan ada yang meminta tolong tetangganya untuk mengasuh dan mengontrol anaknya. Orang tua selalu mendampingi anak belajar dan membantu dalam menyelesaikan tugas anak. Waktu yang digunakan orang tua untuk berinteraksi dengan anak antara sore sampai malam. Untuk mendidik dan mendampingi anak yang dilakukan orang tua adalah memotivasi anak dan memberikan semangat. Ada juga dengan imingiming yang diinginkan anak supaya anak semangat belajar.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 07 Aug 2024 18:43 |
Last Modified: | 07 Aug 2024 18:43 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/21435 |
Actions (login required)
View Item |