umam, Rafi Muchammad Nasruddin (2024) TINJAUAN FIQIH MUAMALAH TERHADAP JUAL BELI STEAM WALLET DENGAN SISTEM SUNTIK DI GAME DOTA 2. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
skripsi Rafi Muchammad.pdf Download (2MB) |
|
Text
skripsi Rafi Muchammad.pdf Download (2MB) |
|
Text
skripsi Rafi Muchammad.pdf Download (2MB) |
|
Text
skripsi Rafi Muchammad.pdf Download (2MB) |
|
Text
skripsi Rafi Muchammad.pdf Download (2MB) |
|
Text
skripsi Rafi Muchammad.pdf Download (2MB) |
|
Text
skripsi Rafi Muchammad.pdf Download (2MB) |
|
Text
skripsi Rafi Muchammad.pdf Download (2MB) |
|
Text
skripsi Rafi Muchammad.pdf Download (2MB) |
|
Text
skripsi Rafi Muchammad.pdf Download (2MB) |
|
Text
skripsi Rafi Muchammad.pdf Download (2MB) |
|
Text
skripsi Rafi Muchammad.pdf Download (2MB) |
|
Text
skripsi Rafi Muchammad.pdf Download (2MB) |
|
Text
skripsi Rafi Muchammad.pdf Download (2MB) |
|
Text
skripsi Rafi Muchammad.pdf Download (2MB) |
Abstract
Umam, Rafi Muchammad Nashruddin. 2024. Tinjauan Fiqih Muamalah Terhadap Jual Beli Steam Wallet Dengan Sistem Suntik Di Game Dota 2. Skripsi. Fakultas Syari'ah. Program Studi Hukum Ekonomi Syari'ah. Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Tri Wahyu Hidayati, M. Ag. Kata Kunci: Dota 2, Jual Beli, Steam Wallet, Fiqih Muamalah Dota 2 adalah sebuah permainan berjenis MOBA (Multiplayer Online Battle Arena), sebuah permainan arena pertarungan daring multipemain. Setiap pemain mengendalikan satu karakter yang disebut Hero dan bersifat unik sehingga antara pemain satu dan pemain lainnya harus memilih hero yang berbeda. Dalam game tersebut terdapat item yang mana bisa di perjual belikan dengan metode gift atau trade. Dan juga terdapat steam wallet sebagai alat transaksi dalam Dota 2. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah mengetahui bagaimana praktik jual beli yang dilakukan dalam jual beli steam wallet dengan sistem suntik di game Dota 2 dan bagaimana jual beli steam wallet dengan sistem suntik di game Dota 2 dalam perspektif fiqih muamalah. Penilitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan menggunakan pendekatan normatif empiris. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research). Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari data primer yang meliputi wawancara dan juga observasi, kemudian data sekunder yang meliputi Al- Quran, Hadist, buku, internet dan dokumen resmi yang berkaitan dengan penelitian. Dalam pengecekan keabsahan data peneliti menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. Praktik jual beli steam wallet dengan sistem suntik di game Dota 2, dilakukan oleh penjual (seller dota) dengan menjual steam wallet dengan sistem suntik kepada pembeli (player) melalui media facebook messenger. Setelah bersepakat tentang rate dan harganya, pembeli melanjutkan transaksi dengan penjual, atau bisa menggunakan jasa admin (midleman) dari grup DOTA 2 TRADE CENTER DAN ONLINE SHOP INDONESIA sebagai penengah dalam transaksi. 2. Jual Jual beli steam wallet dengan sistem suntik di game Dota 2 tidak menyalahi prinsip-prinsip dalam fiqih muamalah. Hanya saja apabila penjual (seller Dota 2) menjual item hasil dari gacha yang menjadikan item-nya menjadi benda yang didapatkan dari kegiatan yang diharamkan. Maka, terdapat kekurangan dalam salah satu syarat rukun jual beli yaitu Ma`qud `alaih berupa barang yang diperjual-belikan itu halal. Sehingga syarat Ma`qud `alaih tidak terpenuhi dan membuat jual beli steam wallet dengan sistem suntik di game Dota 2 tidak sah.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama > Fiqih (Hukum Islam) |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 13 Aug 2024 02:12 |
Last Modified: | 13 Aug 2024 02:12 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/21445 |
Actions (login required)
View Item |