Hadiyanti, Lutfiyah (2024) Pola Komunikasi antara Kiai dan Santri dalam Meningkatkan Kualitas Bacaan Al-Qur’an di Pondok Pesantren Nurul Qur’aniy Desa Jombor Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
Lutfiyah Hadiyanti_43010180232.pdf Download (3MB) |
|
Text
Lutfiyah Hadiyanti_43010180232.pdf Download (3MB) |
|
Text
Lutfiyah Hadiyanti_43010180232.pdf Download (3MB) |
|
Text
Lutfiyah Hadiyanti_43010180232.pdf Download (3MB) |
Abstract
Hadiyanti, Lutfiyah. 2022. Pola Komunikasi antara Kiai dan Santri dalam Meningkatkan Kualitas Bacaan Al-Qur’an di Pondok Pesantren Nurul Qur’aniy Desa Jombor Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang. Skripsi, Salatiga: Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Dakwah, Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Alfi Qonita Badi’ati, M.S.I. Kata Kunci: Pola Komunikasi, kualitas bacaan, hafalan Al-Qur’an Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui bagaimana pola komunikasi yang dibentuk antara kiai dan santri dalam meningkatkan kualitas bacaan Al-Qur’an di Pondok Pesantren Nurul Qur’aniy, dan 2) Untuk mengetahui bagaimana cara yang dilakukan kiai dalam meningkatkan kualitas hafalan Al-Qur’an santri di Pondok Pesantren Nurul Qur’aniy. Jenis penelitian ini adalah termasuk jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan analisis deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber data primer dan data sekunder. Sumber data primer diperoleh dari hasil wawancara, observasi, dan dokumen yang didapat di Pondok Pesantren Nurul Qur’aniy. Data sekunder diperoleh dari buku, jurnal, catatan-catatan, dan gambar/ foto. Sedangkan teknik analisis data yang dilakukan dengan cara mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Pola komunikasi yang dibentuk kiai dan santri dalam meningkatkan kualitas bacaan Al-Qur’an di Pondok Pesantren Nurul Qur’aniy yaitu pola komunikasi kelompok dan pola komunikasi interpersonal. Pola komunikasi kelompok terbagi menjadi dua, yaitu pola komunikasi kelompok kecil dan pola komuniaksi kelompok besar. 2) Metode hafalan yang biasa digunakan oleh santri Pondok Pesantren Nurul Qur’aniy untuk membuat hafalan baru yaitu: metode tikrarul mahfudz dan metode fahmul mahfudz. Selain metode yang digunakan santri untuk menghafal, terdapat metode yang diterapkan oleh kiai untuk membantu santri meningkatkan kualitas hafalan santri, diantaranya yaitu: talqin (menirukan), tasmi’, murajaah, tafsir, dan metode tajwid. Kualitas bacaan Al-Qur’an dapat dikatakan bacaan Al-Qur’an yang baik, bagus dan berkualitas ketika bacaan tersebut mengandung kaidah ilmu tajwid, di mana di dalamnya terdapat unsur makhorijul hurf, shifatul hurf, ahkamul hurf, dll.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama > Alqur'an |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 29 Aug 2024 21:12 |
Last Modified: | 29 Aug 2024 21:12 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/21473 |
Actions (login required)
View Item |