Pengaruh Kepribadian Hardiness dan Dukungan Sosial terhadap Kesejahteraan Psikologis Mahasiswa Al-Azhar pada Komunitas Persatuan Pelajar dan Mahasiswa Indonesia (PPMI) Mesir

Ruswandi, Sholihah (2024) Pengaruh Kepribadian Hardiness dan Dukungan Sosial terhadap Kesejahteraan Psikologis Mahasiswa Al-Azhar pada Komunitas Persatuan Pelajar dan Mahasiswa Indonesia (PPMI) Mesir. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
skripsi repositoryy Sholihah Ruswandi (025)_.pdf

Download (9MB)
[img] Text
skripsi repositoryy Sholihah Ruswandi (025)_.pdf

Download (9MB)
[img] Text
skripsi repositoryy Sholihah Ruswandi (025)_.pdf

Download (9MB)
[img] Text
skripsi repositoryy Sholihah Ruswandi (025)_.pdf

Download (9MB)

Abstract

Ruswandi, Sholihah. 2024. Pengaruh Kepribadian Hardiness dan Dukungan Sosial terhadap Kesejahteraan Psikologis Mahasiswa Al-Azhar pada Komunitas Persatuan Pelajar dan Mahasiswa Indonesia (PPMI) Mesir. Skripsi, Salatiga: Program Studi Psikologi Islam Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Eva Palupi, M.Si., Psikolog. Kata Kunci: kepribadian hardiness, dukungan sosial, kesejahteraan psikologis Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh kepribadian hardiness terhadap kesejahteraan psikologis mahasiwa Al-Azhar pada Komunitas Persatuan Pelajar dan Mahasiswa Indonesia (PPMI) Mesir. 2) Untuk mengetahui pengaruh dukungan sosial terhadap kesejahteraan psikologis mahasiwa Al-Azhar pada Komunitas Persatuan Pelajar dan Mahasiswa Indonesia (PPMI) Mesir. 3) Untuk mengetahui pengaruh kepribadian hardiness dan dukungan sosial terhadap psikologis mahasiwa Al-Azhar pada Komunitas Persatuan Pelajar dan Mahasiswa Indonesia (PPMI) Mesir. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif kausalitas. Subjek dalam penelitian adalah mahasiswa Al-Azhar yang tergabung dalam Komunitas Persatuan Pelajar dan Mahasiswa Indonesia (PPMI) Mesir, dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner yang disebar secara daring dalam bentuk google form, dengan Skala Kepribadian Hardiness, Dukungan Sosial, dan Kesejahteraan Psikologis sebagai instrumen penelitiannya. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda menggunakan bantuan program IBM Statistik 25.0 for Windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Ada pengaruh yang signifikan (15%) antara kepribadian hardiness terhadap kesejahteraan psikologis mahasiwa Al-Azhar pada Komunitas Persatuan Pelajar dan Mahasiswa Indonesia (PPMI) Mesir, hal ini dapat dilihat dari nilai Sig. kepribadian hardiness (X1) sebesar (0,005 ≤ 0,05) dan nilai thitung sebesar (2,893 ≥ 1,988) yang berarti Ha diterima dan H0 di tolak. 2) Ada pengaruh yang signifikan (25,5%) antara dukungan sosial terhadap kesejahteraan psikologis mahasiwa Al-Azhar pada Komunitas Persatuan Pelajar dan Mahasiswa Indonesia (PPMI) Mesir, hal ini dapat dilihat dari nilai Sig. dukungan sosial (X2) sebesar (0,000 ≤ 0,05) dan nilai thitung sebesar (4,812 ≥ 1,988) yang berarti Ha diterima dan H0 di tolak. 3) Ada pengaruh yang signifikan antara kepribadian hardiness dan dukungan sosial secara simultan terhadap kesejahteraan psikologis (Y) mahasiwa Al-Azhar pada Komunitas Persatuan Pelajar dan Mahasiswa Indonesia (PPMI) Mesir, hal ini dapat dilihat dari nilai Sig. sebesar (0,000 ≤ 0,05) dan nilai Fhitung sebesar (22,913 ≥ 3,09) yang berarti Ha diterima dan H0 di tolak. Adapun sumbangsi koefisien determinasi pada variabel dalam penelitian ini, yaitu kepribadian hardiness dan dukungan sosial sebesar 30,7% terhadap kesejahteraan psikologis mahasiwa Al-Azhar pada Komunitas Persatuan Pelajar dan Mahasiswa Indonesia (PPMI) Mesir, sedangkan 69,3% sisanya dipengaruhi oleh variabel yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: ?? -- Subyek -- ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 29 Sep 2024 17:16
Last Modified: 29 Sep 2024 17:16
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/21516

Actions (login required)

View Item View Item