STRATEGI PELAYANAN UMRAH DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN JAMAAH PENYANDANG DISABILITAS DI PT. HAJAR ASWAD MUBARAQ

permana, Dedik arum (2024) STRATEGI PELAYANAN UMRAH DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN JAMAAH PENYANDANG DISABILITAS DI PT. HAJAR ASWAD MUBARAQ. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI DEDIK fiks-1.pdf

Download (2MB)
[img] Text
SKRIPSI DEDIK fiks-1.pdf

Download (2MB)
[img] Text
SKRIPSI DEDIK fiks-1.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pelayanan umrah penyandang disabilitas di PT Hajar Aswad Mubaroq dan mengetahui bentuk pelaksanaan pelayanan dalam meningkatkan kepuasan jamaah umrah disabilitas oleh PT Hajar Aswad Mubaroq. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan dan bersifat deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini diperoleh dari pegawai atau karyawan dan jamaah dari PT Hajar Aswad Mubaraq Surakarta. Metode pengumpulan data diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah pegawai atau karyawan PT Hajar Aswad Mubaraq Surakarta dan jamaahnya. Sedangkan teknik analisis data dilakukan dengan klarifikasi data, penyaringan data dan penyimpulan data. Teknik uji keabsahan data yang digunakan berupa teknik triangulasi sumber yaitu dengan cara mengecek data yang telah diperoleh terhadap beberapa informan yang ada di PT. Hajar Aswad Mubaraq Surakarta. Hasil penelitian ini sebagai berikut. Pertama, strategi pelayanan yang diterapkan dalam meningkatkan kepuasan jamaah umrah disabilitas pada PT. Hajar Aswad Mubaraq Surakarta menggunakan konsep 3P berupa Pendampingan, Pembimbingan, dan Pelayanan. Kemudian sarana dan prasarana yang diberikan kepada jamaah disabilitas, dan beberapa strategi pelayanan lainya, dari hasil penelitian penulis juga mengetahui strategi yang diberikan dari awal pendaftaran jamaah disabilitas sampai selesai pelaksanaan. Kedua, bentuk parameter kepuasan jamaah disabilitas diukur dari pelayanan konsumsi, akomodasi, dan menjaga kerahasiaan data jamaah umrah disabilitas.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Keislaman
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 03 Oct 2024 19:13
Last Modified: 03 Oct 2024 19:13
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/21522

Actions (login required)

View Item View Item