Ayu, Fitria Risang (2024) IMPLEMENTASI PENGEMBANGAN MATERI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI PADA KURIKULUM MERDEKA SISWA SMP NEGERI 1 PABELAN TAHUN AJARAN 2023/2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
FITRIA RISANG AYU 23010200030.pdf Download (2MB) |
|
Text
FITRIA RISANG AYU 23010200030.pdf Download (2MB) |
|
Text
FITRIA RISANG AYU 23010200030.pdf Download (2MB) |
Abstract
Fitria Risang Ayu. 2024. Implementasi Pengembangan Materi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Pada Kurikulum Merdeka Siswa SMP Negeri 1 Pabelan Tahun 2024. Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Salatiga. Pembimbing: Badrus Zaman, M.Pd.I. Kata kunci: Kurikulum Merdeka, Pengembangan Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Pengembangan kurikulum Merdeka yang diterapkan di sekolah-sekolah sejak 2023 membawa perubahan pada Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. SMP Negeri 1 Pabelan sebagai salah satu sekolah yang mengimplementasikan kurikulum Merdeka berupaya mengembangkan materi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti yang sesuai dengan semangat kurikulum baru ini. Hal ini dilakukan untuk memperkuat penanaman nilai-nilai keislaman dan budi pekerti luhur pada siswa di tengah dinamika zaman. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi dan mekanisme yang digunakan pada pengembangan materi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Negeri 1 Pabelan dan mendeskripsikan penerapan Kurikulum Merdeka dalam materi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Negeri 1 Pabelan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif sebagai prosedur penelitian menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis dari orang-orang maupun dari perilaku yang diamati. Pemilihan penggunaan metode ini karena ruang lingkup bersifat sosial, jadi rincian yang sangat kompleks diperlukan. Data dikumpulkan melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian meliputi Reduksi data, Penyajian data, dan Penarikan kesimpulan Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1. Implementasi pengembangan materi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti pada kurikulum merdeka adalah menerapkan 3 prinsip, yaitu: a) prinsip relevansi; b) prinsip konsistensi; dan c) prinsip kecukupan. 2. Mekanisme pengembangan materi pembelajaran Pendidikan agama Islam dan Budi Pekerti pada kurikulum merdeka mencangkup 3 hal yaitu: a) tahap perencanaan, meliputi identifikasi tujuan pembelajaran analisis kebutuhan peserta didik; seleksi materi pembelajaran; penggunaan metode; pemilihan sumber belajar; dan evaluasi; b) tahap pelaksanaan, fase dimana materi yang telah direncanakan, direalisasikan dan diimplementasikan dalam pembelajaran sehari-hari; dan c) tahap evaluasi proses pengukuran sejauh mana tujuan pembelajaran tercapai serta efektivitas pengajaran yang telah dilakukan. 3. Penerapan kurikulum merdeka pada pengembangan materi pembelajaran pendidikan agama islam membuat pembelajaran berjalan secara efisien dan efektif juga meningkatkan kekreatifan serta berpikiran kritis.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 07 Oct 2024 15:33 |
Last Modified: | 07 Oct 2024 15:33 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/21526 |
Actions (login required)
View Item |