STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBINA IMAN DAN AKHLAK PADA SISWA DI SMP NEGERI 5 KOTA SALATIGA TAHUN AJARAN 2023/2024

Baihagi, Iqbal (2024) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBINA IMAN DAN AKHLAK PADA SISWA DI SMP NEGERI 5 KOTA SALATIGA TAHUN AJARAN 2023/2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
IQBAL BAIHAGI 23010200031..pdf

Download (4MB)
[img] Text
IQBAL BAIHAGI 23010200031...pdf

Download (4MB)
[img] Text
IQBAL BAIHAGI 23010200031.pdf

Download (4MB)

Abstract

Baihagi, Iqbal. 2024. Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membina Iman dan Akhlak pada Siswa di SMP Negeri 5 Kota Salatiga Tahun Ajaran 2023/2024. Skripsi. Salatiga: Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Salatiga, Pembimbing: Dra. Siti Asdiqoh, M.Si. Kata Kunci:Membina, Iman, Akhlak Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui strategi guru PAI dalam membina iman, (2) Untuk mengetahui strategi guru PAI dalam membina akhlak, (3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam membina iman, dan (4) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam membina akhlak pada siswa di SMPN 5 Salatiga. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data dari penelitian ini yaitu kepala sekolah, waka kurikulum, waka kesiswaan, guru PAI, dan siswa SMPN 5 Salatiga. Dalam analisis data peneliti menggunakan empat tahapan, yakni: pengumpulan data, reduksi data, pemaparan data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Dalam pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber data dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pembinaan iman pada siswa melalui include dalam kurikulum pengajaran, berkaitan dalam pembelajaran PAI dan budi pekerti, melalui kerja sama orang tua dan sekolah, membiasakan membaca Al-Qur’an dan surat-surat pendek sebelum pelajaran, membaca doa sebelum pelajaran, kegiatan keputrian, shalat dhuha berjamaah di masjid, shalat dhuhur berjamaah di masjid, shalat jum’at berjamaah di masjid, kegiatan jum’at rohani, ekstrakurikuler BTAQ, peringatan hari besar Islam. (2) Pembinaan akhlak melalui kegiatan pembiasaan infak, mendengarkan kultum di pagi hari, keteladanan dalam membina akhlak, kegiatan 5S). (3) Faktor pendukung pembinaan iman yakni lokasi sekolah dekat pondok dan masjid, tenaga pendidik yang kompak, motivasi kepala sekolah dan dukungan tenaga pendidik, dukungan orang tua. Faktor penghambat pembinaan iman yakni kepribadian siswa, masjid sekolah yang tidak dapat menampung seluruh siswa. (4) Faktor pendukung pembinaan akhlak yakni sarana dan prasarana yang memadai, dukungan guru pembimbing, motivasi kepala sekolah dan dukungan tenaga pendidik, peran penting orang tua dalam pembinaan akhlak. Faktor penghambat pembinaan akhlak yakni siswa yang sering tidak mengikuti pembinaan akhlak, ada sebagian orang tua yang memiliki masalah kekeluargaan, sebagian teman sulit untuk diajak dalam hal kebaikan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 07 Oct 2024 16:12
Last Modified: 07 Oct 2024 16:12
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/21527

Actions (login required)

View Item View Item