EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERINTEGRASI TALKING STICK TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA SISWA KELAS V MI MA'HADUL MUTA'ALLIMIN NGAWI

Zahro, Siti Nur (2024) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERINTEGRASI TALKING STICK TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA SISWA KELAS V MI MA'HADUL MUTA'ALLIMIN NGAWI. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SITI NUR ZAHRO_12020210002_7Okt24.pdf

Download (7MB)

Abstract

Zahro, Siti Nur. Efektivitas Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Terintegrasi Talking Stick Terhadap Kemampuan Kognitif Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas V MI Ma’hadul Muta’allimin Ngawi. Program Pascasarjana Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Universitas Islam Negeri Salatiga. 2024. Pembimbing: Dr. Maslikhah, S.Ag, M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas model pembeajaran Numbered Head Together (NHT) terintegrasi Talking Stick terhadap kemampuan kognitif siswa kelas V pada mata pelajaran IPA materi benda tunggal dan campuran di MI Ma’hadul Muta’allimin Katerban Ngawi Jawa Timur. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan jenis penelitian eksperimen semu (Quasi Experimental Research) dengan desain pretest-posttest control group design. Sampel pada kelas penelitian ini adalah siswa kelas V MI Ma’hadul Muta’allimin Katerban Kabupaten Ngawi Provinsi Jawa Timur, teknik pengambilan sampel menggunakan bentuk purposive sampling. Tenik ini pengumpulan data menggunakan tes soal pilihan ganda. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji prasyarat (uji normalitas dan uji reliabilitas), uji hipotesis (uji independent sample t-test dan uji paired samples t-test) dan uji efektivitas (uji n-gains score). Hasil penelitian yang telah dilakukan peneliti adalah: (1) Hasil uji independent sample t-test diketahui nilai sig (2 tailed) sebesar 0,000 < 0,05 pada kemampuan kognitif siswa diperoleh nilai thitung=7,154 sedangkan ttabel=2,131, sehingga thitung > ttabel disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima. Dari hasil uji independent sample t-test maka ditarik kesimpulan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan kognitif siswa kelas eksperimen yang menerapkan model pembelajaran NHT terintegrasi TS dengan siswa kelas kontrol. (2) Hasil uji paired samples t-test menunjukkan sig. (2 tailed) pretest posttest pada kelas eksperimen sebesar 0,000 dan thitung = -15,443. Nilai pretest memiliki nilai lebih rendah dari nilai posttest dikarenakan terdapat tanda negatif (-) pada nilai thitung. Berdasarkan uji paired sample t test nilai sig. (2 tailed) < 0,05 didapat hasil sebesar 0,000 < 0,05 dan thitung > ttabel (15,443 > 2,131). Dapat disimpulkan H0 ditolak Ha diterima disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan sebelum dan sesudah perlakuan pada kelas eksperimen. (3) Hasil perhitungan uji N gain score menunjukkan bahwa nilai rata-rata n gain kelas eksperimen (model pembelajaran NHT terintegrasi TS) adalah 65,8% termasuk kategori cukup efektif. Sedangkan nilai rata-rata n-gain kelas kontrol adalah 20,1% termasuk kategori tidak efektif. Jadi dapat disimpulkan bahwa kelas eksperimen dengan penerapan model pembelajaran NHT terintegrasi TS terhadap kemampuan kognitif siswa dinyatakan efektif. Kata Kunci: Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT), Model Pembelajaran Talking Stick, Kemampuan Kognitif Siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 08 Oct 2024 16:17
Last Modified: 08 Oct 2024 16:17
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/21530

Actions (login required)

View Item View Item