, AYU NURUL SETIYOWATI (2024) HUBUNGAN MENGIKUTI KEGIATAN KEAGAMAAN SALAT DUHA DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PERILAKU DISIPLIN DI MTsN SEMARANG TAHUN AJARAN 2023/2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
Naskah Skripsi Ayu NS 014 (4).pdf Download (2MB) |
|
Text
Naskah Skripsi Ayu NS 014 (4).pdf Download (2MB) |
|
Text
Naskah Skripsi Ayu NS 014 (4).pdf Download (2MB) |
|
Text
Naskah Skripsi Ayu NS 014 (4).pdf Download (2MB) |
|
Text
Naskah Skripsi Ayu NS 014 (4).pdf Download (2MB) |
|
Text
Naskah Skripsi Ayu NS 014 (4).pdf Download (2MB) |
|
Text
Naskah Skripsi Ayu NS 014 (4).pdf Download (2MB) |
|
Text
Naskah Skripsi Ayu NS 014 (4).pdf Download (2MB) |
|
Text
Naskah Skripsi Ayu NS 014 (4).pdf Download (2MB) |
|
Text
Naskah Skripsi Ayu NS 014 (4).pdf Download (2MB) |
Abstract
Setiyowati, Ayu Nurul. 2024. Hubungan Mengikuti Kegiatan Keagamaan Salat Duha dan Motivasi Belajar dengan Perilaku Disiplin di MTsN Semarang Tahun Ajaran 2023/2024. Skripsi, Salatiga: Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Pembimbing: Marwanto, M.Pd. Kata Kunci: Hubungan Mengikuti Kegiatan Keagamaan Salat Duha, Motivasi Belajar dan Perilaku Disiplin. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kegiatan keagamaan salat Duha, motivasi belajar, perilaku disiplin, hubungan kegiatan keagamaan salat Duha dengan perilaku disiplin, hubungan motivasi belajar dengan perilaku disiplin, serta hubungan mengikuti kegiatan keagamaan salat Duha dan motivasi belajar dengan perilaku disiplin Siswa di MTsN Semarang Tahun Ajaran 2023/2024. Jenis penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di MTsN Semarang pada bulan Juni 2024. Populasi yang digunakan adalah seluruh siswa MTsN Semarang yang berjumlah 998 peserta didik, dengan jumlah sampel yang diambil secara acak sebanyak 91 peserta didik. Ada 3 variabel dalam penelitian ini yaitu, kegiatan keagamaan salat Duha (X1), motivasi belajar (X2), dan perilaku disiplin (Y). Instrumen yang digunakan penelitian ini yaitu kuesioner dengan jumlah pernyataan sejumlah 48 butir soal. Penelitian ini menggunakan uji validitas dan reliabilitas untuk uji coba instrumen penelitian. Pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner dan dokumentasi. Untuk analisis data, digunakan analisis deskriptif, uji asumsi klasik, analisis korelasi sederhana, korelasi berganda dengan bantu SPSS for windows versi 25. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Kegiatan keagamaan salat Duha di MTsN Semarang dalam kategori cukup. Hal ini ditunjukkan pada skor 86 ≤ X ≤ 94 yang berjumlah 51 siswa sehingga frekuensi relatif mencapai 56% dengan kategori cukup. (2) Motivasi belajar di MTsN Semarang dalam kategori kurang. Hal ini ditunjukkan pada skor X < 61 yang berjumlah 49 siswa sehingga frekuensi relatif mencapai 56% dengan kategori kurang. (3) Perilaku disiplin di MTsN Semarang dalam kategori cukup. Hal ini ditunjukkan pada skor 55 ≤ X ≤ 61 yang berjumlah 47 siswa sehingga frekuensi relatif mencapai 52% dengan kategori cukup. (4) Ada hubungan antara kegiatan keagamaan salat Duha dengan perilaku disiplin di MTsN Semarang tahun ajaran 2023/2024. Hal ini ditunjukkan dengan nilai rhitung > rtabel yaitu 0,494 > 0,207 sehingga, H1 diterima dan H0 ditolak. (5) Ada hubungan antara motivasi belajar dengan perilaku disiplin di MTsN Semarang tahun ajaran 2023/2024. Hal ini ditunjukkan dengan nilai rhitung > rtabel yaitu 0,394 > 0,207 sehingga, H1 diterima dan H0 ditolak. (6) Ada hubungan antara kegiatan keagamaan salat Duha dan motivasi belajar dengan perilaku disiplin di MTsN Semarang tahun ajaran 2023/2024. Hal ini ditunjukkan dengan nilai Fhitung > Ftabel yaitu 17,893 > 3,10 sehingga, H1 diterima dan H0 ditolak.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 11 Oct 2024 01:33 |
Last Modified: | 11 Oct 2024 01:33 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/21566 |
Actions (login required)
View Item |