Fadhilah, Umi Lailatul (2024) PEMBELAJARAN SENI RUPA MELALUI PEMANFAATAN LIMBAH ORGANIK DAN ANORGANIK UNTUK MENGEMBANGKAN KREATIVITAS ANAK DI TK ISLAM AN NUR BENER KECAMATAN TENGARAN. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
UMI LAILATUL FADHILAH 23050200040 PIAUD.pdf Download (4MB) |
|
Text
UMI LAILATUL FADHILAH 23050200040 PIAUD.pdf Download (4MB) |
|
Text
UMI LAILATUL FADHILAH 23050200040 PIAUD.pdf Download (4MB) |
|
Text
UMI LAILATUL FADHILAH 23050200040 PIAUD.pdf Download (4MB) |
Abstract
Fadhilah, Umi Lailatul. 2024. Pembelajaran Seni Rupa Melalui Pemanfaatan Limbah Organik Dan Anorganik Untuk Mengembangkan Kreativitas Anak Di TK Islam An-Nur Bener Kecamatan Tengaran. Skripsi. Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Sri Marwiyati, M.Pd. Kata kunci: Pembelajaran seni rupa, Limbah organik dan anorganik, Kreativitas Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan limbah organik dan limbah anorganik dalam pembelajaran seni rupa untuk mengembangkan kreativitas anak di TK Islam An-Nur Bener, kreativitas anak di TK Islam An-Nur dengan pembelajaran seni rupa dalam pemanfaatan limbah organik dan limbah anorganik, serta faktor pendukung dan penghambat pembelajaran seni rupa melalui pemanfaatan limbah organik dan anorganik untuk mengembangkan kreativitas anak di TK Islam An-Nur Bener Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif. Subjek dari penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru dan siswa kelas B1 TK Islam An-Nur Bener Kecamatan Tengaran. Teknik analisis data menurut Miles & Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1) pemanfaatan limbah dalam pembelajaran seni rupa untuk mengembangkan kreativitas anak TK Islam An-Nur Bener menggunakan limbah organik dan anorganik. Limbah organik berupa limbah organik basah dan kering. Limbah organik basah berupa kulit buah-buahan, sayuran, daun-daun yang tidak terpakai untuk memasak, limbah organik kering berupa daun kering, ranting. Limbah anorganik berupa kardus, botol plastik, kaleng. Melalui tahapan pemanfaatan limbah organik dan anorganik yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi atau penilaian. 2) pengembangan kreativitas anak di TK Islam An-Nur dengan pembelajaran seni rupa melalui pemanfaatan limbah organik dan anorganik dilakukan dengan kegiatan melukis dengan memercikkan warna di atas daun dan kegiatan membuat kereta api dengan menempel dan menggambar. Dengan kegiatan tersebut kretivitas anak berkembang yaitu anak berani bertanya, anak asyik dan menikmati dalam kegiatan pembelajaran, anak melakukan penuh semangat, anak mampu menggabungkan hal-hal dengan cara yang baru, dan anak mampu membuat hal-hal baru dengan caranya sendiri. 3) faktor pendukung dan penghambat pembelajaran seni rupa melalui pemanfaatan limbah organik dan anorganik untuk mengembangkan kreativitas anak di TK Islam An-Nur yaitu faktor pendukung berupa guru yang kompeten, sarana dan prasarana yang mendukung, adanya motivasi dan apresiasi dari guru, dan penataan kelas yang nyaman, faktor penghambat yaitu media yang tidak sesuai keinginan anak dan waktu yang singkat.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 12 Oct 2024 16:51 |
Last Modified: | 12 Oct 2024 16:51 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/21586 |
Actions (login required)
View Item |