Konseling Kelompok dengan Pendekataan Cognitive Behavior Therapy Bermuataan QS. Ar- R'ad ayat 11 untuk Meningkatkan Self Efficacy Siswa SMK Negeri 1 Kebumen

fatimah, Ika putri dewi (2024) Konseling Kelompok dengan Pendekataan Cognitive Behavior Therapy Bermuataan QS. Ar- R'ad ayat 11 untuk Meningkatkan Self Efficacy Siswa SMK Negeri 1 Kebumen. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Ika Putri Dewi Fatimah 23080200034.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Ika Putri Dewi Fatimah 23080200034.pdf

Download (3MB)

Abstract

Fatimah, Ika Putri Dewi.2024.Konseling Kelompok Pendekataan Cognitive Behavior Therapy bermuataan QS. Ar-ra’d ayat 11 untuk Meningkatkan Self Efficacy Siswa SMK Negeri 1 Kebumen. Tahun 2024. Skripsi, Salatiga: Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga, Pembimbing Andar Ifazatul Nurlatifah, M.Pd.I. Kata Kunci: konseling kelompok, cognitive behavior therapy bermuataan qs. ar-ra’d ayat 11, dan self efficacy Tujuan penelitian ini adalah: 1) mengklasifikasikan kondisi self efficacy pada siswa kelas XI pemasaraan dua di SMK Negeri 1 Kebumen: 2) mendeskripsikan pelaksanaan konseling kelompok pendekantaan Cognitive Behavior Therapy bermuataan QS. Ar-ra’d ayat 11 di SMK Negeri 1 Kebumen: 3) menguji pengaruh konseling kelompok pendekataan Cognitive Behavior Therapy bermuataan QS. Ar-ra’d ayat 11 terhadap peningkataan Self Efficacy pada siswa kelas XI pemasaraan dua di SMK Negeri 1 Kebumen. Penelitian ini menggunakan aspek self efficacy menurut Badura (1977), yakni magnitude, generality, dan strength sebagai dasar penyusunan instrument skala self efficacy. Skala psikologis diuji oleh ahli bimbingan dan konseling. Uji coba instrument dilakukan pada 63 siswa dan mendapat item valid sejumlah 40 dan item gugur sebanyak 1 item dan mendapat jumlah reabilitas sejumlah 0,939 dimana lebih besar dari 0,6. Penelitian dilaksanakan dengan menggunakan pendekataan mix method dengan desain concurret embedded. Metode kuantitatif mengambil populasi 34 siswa kelas xi pemasaraan dua di SMK Negeri 1 Kebumen dan sampel terbanyak 9 siswa dengan self efficacy sangat rendah.Pada tahap intervensi digunakan purpose sampling. Metode kualitatif menggunakan tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Metode kuantitatif menggunakan teknik analisis data dengan uji t. Metode kuantitatif desain yang digunakan adalah one grup pretest and posttest. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1) klasifikasi kondisi self efficacy terdapat sebelas siswa atau 32,3% dengan self efficacy dengan kategori sangat tinggi, sembilan siswa atau 26,4%yang memiliki self efficacy dengan kategori tinggi, lima siswa atau 14,7% dengan self efficacy kategori rendah sembilan atau 26,4% dengan self efficacy sangat rendah. 2) Pelaksanaan konseling kelompok pendekataan cognitive behavior theraphy bermuataan Qs.Ar – r’ad ayat 11 Pertemuan pertama fokus pada masalah keluarga, kedua pada pertemanan, ketiga pada akademis, dan keempat pada masa depan. Di sesi keempat, penekanan pada pengembangan self efficacy mandiri untuk diterapkan berkelanjutan, dengan setiap sesi mendorong diskusi antar anggota.. 3) Berdasarkan uji hipotesis dengan menggunakan uji paired simple t-test dengan perolehan nilai t 37.843 dan nilai t table 1.860 signifikansi (2-Tailed) sebesar 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak Ha disimpulkan bahwa konseling kelompok pendekataan cognitive behavior therapy bermuatan QS. Ar-ra’d ayat 11 berpengaruh terhadap self efficacy pada siswa kelas XI Pemasaran dua di SMK Negeri 1 Kebumen.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 14 Oct 2024 17:57
Last Modified: 14 Oct 2024 17:57
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/21614

Actions (login required)

View Item View Item