Kurniawan, Syahrul Hubbie (2024) PENERAPAN ASESMEN PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMA NEGERI 1 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2023/2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
SKRIPSI SYAHRUL HUBBIE KURNIAWAN.pdf Download (5MB) |
|
Text
SKRIPSI SYAHRUL HUBBIE KURNIAWAN.pdf Download (5MB) |
|
Text
SKRIPSI SYAHRUL HUBBIE KURNIAWAN.pdf Download (5MB) |
|
Text
SKRIPSI SYAHRUL HUBBIE KURNIAWAN.pdf Download (5MB) |
|
Text
SKRIPSI SYAHRUL HUBBIE KURNIAWAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Kurniawan, Syahrul Hubbie. 2024. Penerapan Asesmen pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMA Negeri 1 Surakarta Tahun Ajaran 2023/2024: Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Syaefudin Achmad, M.Pd. Kata Kunci: Asesmen, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Perencanaan Asesmen pada pembelajaran PAI dan Budi Pekerti; (2) Pelaksanaan Asesmen pada pembelajaran PAI dan Budi Pekerti; (3) Pengolahan dan pelaporan hasil asesmen pada pembelajaran PAI dan Budi Pekerti; (4) Refleksi dan tindak lanjut asesmen pada pembelajaran PAI dan Budi Pekerti. Penelitian ini merupakan sebuah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Data primer dari penelitian ini berupa hasil wawancara dari kepala sekolah, waka kuriukulum, guru PAI dan Budi Pekerti, dan peserta didik. Data sekunder penelitian ini adalah modul ajar, dokumen capaian pembelajaran, dokumen tujuan pembelajaran, dokumen alur tujuan pembelajaran, soal asesmen, dan rapor peserta didik. Prosedur pengumpulan data menggunakan obsevasi, wawancara, dan dokumentasi pada berkas-berkas terkait. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan, sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Penelitian ini menunjukkan bahwa asesmen pada pembelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMA Negeri 1 Surakarta; (1) Perencanaan asesmen pada pembelajaran PAI dan Budi Pekerti dilaksanakan dengan memahami capaian pembelajaran, penyusunan tujuan pembelajaran, penyusunan ATP, kemudian merencanakan asesmen formatif dan sumatif yang bervariasi sesuai dengan kebutuhan; (2) pelaksanaan asesmen pada PAI dan Budi Pekerti dilaksanakan pada awal dan akhir pembelajaran untuk memonitor kemajuan belajar peserta didik dan dasar kenaikan kelas atau kelulusan; (3) Pengolahan dan pelaporan hasil asesmen PAI dan Budi Pekerti adalah dalam bentuk rapor cetak yang akan diambil oleh wali peserta didik; (4) refleksi dan tindak lanjut asesmen PAI dan Budi Pekerti dilaksanakan oleh kepala sekolah, pendidik, dan peserta didik.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 14 Oct 2024 19:33 |
Last Modified: | 14 Oct 2024 19:33 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/21621 |
Actions (login required)
View Item |