PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN KARTU DALAM BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN SIKAP QANAAH PADA SISWA KELAS VIII SMPN 1 JAMBU KABUPATEN SEMARANG

Seno, Wahyu Ari (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN KARTU DALAM BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN SIKAP QANAAH PADA SISWA KELAS VIII SMPN 1 JAMBU KABUPATEN SEMARANG. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI Wahyu Ari Seno.pdf

Download (5MB)
[img] Text
SKRIPSI Wahyu Ari Seno.pdf

Download (5MB)
[img] Text
SKRIPSI Wahyu Ari Seno.pdf

Download (5MB)

Abstract

Sikap qanaah yang rendah merupakan salah satu masalah yang sering terjadi di sekolah, sehingga diperlukan penanganan untuk meningkatkan sikap qanaah pada siswa. Sikap qanaah yang rendah berdampak negatif pada penerimaan hidup siswa yang berujung pada depresi dan mudah putus asa. Tujuan dalam penelitian ini adalah mengembangkan media permainan kartu dalam bimbingan kelompok untuk meningkatkan sikap qanaah pada siswa yang berterima secara teoretis & praktis dan menguji efektivitas media permainan kartu dalam bimbingan kelompok untuk meningkatkan sikap qanaah pada siswa kelas VIII SMPN 1 Jambu Kabupaten Semarang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) yang mengacu pada model modifikasi Sukmadinata (2016) dengan tahapan yaitu: 1) studi pendahuluan; 2) pengembangan produk; dan 3) uji produk. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket dan skala qanaah. Observasi dilakukan untuk mengetahui penggunaan media dalam pemberian layanan, wawancara dilakukan untuk mengetahui kondisi sikap qanaah di lapangan, angket dilakukan untuk mengetahui kelayakan produk, dan skala qanaah digunakan untuk mengetahui tingkat sikap qanaah siswa. Skala qanaah terdiri dari 34 item dinyatakan valid dan reliabel dengan nilai Cronbach’s Alpha 0,715. Teknik sampling pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling memiliki kriteria dengan tingkat sikap qanaah terendah. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 10 siswa. Teknik analisis data menggunakan rumus persentasi untuk analisis kelayakan dan uji t untuk analisis keefektivan. Hasil penelitian ini berupa produk yang berterima secara teoretis dan praktis serta efektif untuk meningkatkan sikap qanaah siswa. Guru BK bertugas menjadi fasilitator dengan tugas membacakan aturan dan petunjuk permainan, mengatur jalannya permainan, membacakan kartu qanaah dan memberikan jawaban tambahan apabila diperlukan. Pengembangan media permainan kartu dalam bimbingan kelompok untuk meningkatkan sikap qanaah pada siswa ini menghasilkan; 1) kartu omben dengan jumlah 52 pcs; 2) kartu qanaah dengan jumlah 30 pcs; dan 3) buku panduan permainan telah diuji melalui: 1) uji ahli media dengan hasil 100% dinyatakan layak; 2) uji ahli materi dengan hasil 100% dinyatakan layak; dan 3) uji pengguna dengan hasil 100% dinyatakan layak. Merujuk pada hasil tersebut maka Ho1 ditolak dan Ha1 diterima, yang artinya media permainan kartu dalam bimbingan kelompok layak untuk digunakan. Uji hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji Paired sample t-test. Hasil uji hipotesis menunjukkan perbedaan tingkat sikap qanaah siswa sebelum dan sesudah dilakukan layanan bimbingan kelompok dengan nilai sig. 0,000 <0,05. Merujuk pada hasil tersebut maka Ho2 ditolak dan Ha2 diterima, yang artinya media permainan kartu dalam bimbingan kelompok efektif meningkatkan sikap qanaah pada siswa. Media permainan ini tepat untuk memberikan layanan infomasi, namun dengan demikian penggunaan media lebih lanjut diperlukan layanan bimbingan secara utuh.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 15 Oct 2024 04:46
Last Modified: 15 Oct 2024 04:46
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/21637

Actions (login required)

View Item View Item