narulita, Nadia intan (2024) LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK MELALUI SHOLAT DHUHA DENGAN TEKNIK BEHAVIORAL CONTRACT UNTUK MENINGKATKAN DISIPLIN BELAJAR SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 TUNTANG KAB. SEMARANG. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
SKRIPSI NADIA FIX 2 terbaru lagi.pdf Download (3MB) |
|
Text
SKRIPSI NADIA FIX 2 terbaru lagi.pdf Download (3MB) |
|
Text
SKRIPSI NADIA FIX 2 terbaru lagi.pdf Download (3MB) |
|
Text
SKRIPSI NADIA FIX 2 terbaru lagi.pdf Download (3MB) |
|
Text
SKRIPSI NADIA FIX 2 terbaru lagi.pdf Download (3MB) |
|
Text
SKRIPSI NADIA FIX 2 terbaru lagi.pdf Download (3MB) |
|
Text
SKRIPSI NADIA FIX 2 terbaru lagi.pdf Download (3MB) |
|
Text
SKRIPSI NADIA FIX 2 terbaru lagi.pdf Download (3MB) |
|
Text
SKRIPSI NADIA FIX 2 terbaru lagi.pdf Download (3MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: 1) mendeskripsikan gambaran disiplin belajar siswa kelas XI di SMA N 1 Tuntang ; 2) mendeskripsikan pelaksanaan bimbingan kelompok melalui shalat Dhuha dengan teknik Behavioral Contract untuk meningkatkan disiplin belajar siswa kelas XI di SMA N 1 Tuntang ; 3) untuk mengetahui peningkatan disiplin belajar siswa kelas XI di SMA N 1 Tuntang setelah dilakukannya bimbingan kelompok melalui shalat Dhuha dengan teknik Behavioral Contract. Pada penelitian ini, digunakan metode penelitian kuantitatif . Desain ini melibatkan metode penelitian pre-test eksperimental dengan menggunakan desain one grup pretest-posttest design. Desain tersebut merupakan desan yang dilakukan peneliti dimana peneliti melakukan pengukuran sebanyak tiga kali.: pertama sebelum pemberian treatment (pretest) kedua pelaksanaan treatmentndan ketiga setelah pemberian treatment (posttest). Pada Penelitian ini peneliti teknik yang digunakan yaitu Purposive sampling, dimana pengambilan sampel penelitian dilakukan dengan kriteria tertentu yang di pilih oleh peneliti . Sampel diambil sebanyak 15 siswa yang dipilih berdasarkan kriteria kesulitan dalam disiplin belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) tingakat kondisi disiplin belajar siswa diperoleh 7 anak atau 47% yang tergolong berkategori sedang, 7 anak atau 47% berkategori rendah dan 1 anak atau 6% berkategori tinggi, dan skor rata-rata (mean) pretest sebesar 72,53; (2) Pemberian perlakuan atau treatment untuk meningkatkan disiplin belajar siswa di SMA Negeri 1 Tuntang yaitu menggunakan layanan bimbingan kelompok melalui shalat Dhuha dengan teknik Behavioral Contract . Treatment ini dilakukan sebanyak tiga kali pertemuan. Pada pelaksanaan pemberian layanan bimbingan kelompok ini tidak hanya membahas mengenai disiplin belajar saja namun juga praktek dan pembahasan mengenai terapi shalat Dhuha untuk meningkatkan disiplin belajar (3) terdapat peningkatan skor mean antara pretest-posttest dan dari perhitungan uji wilcoxon yang diperoleh nilai sig. (2- tailed) sebesar 0,002 < 0,05, dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak atau Ha diterima. Sehingga, pemberian layanan bimbingan kelompok dengan teknik Behavioral Contract terbukti efektif dalam meningkatkan disiplin belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 15 Oct 2024 19:17 |
Last Modified: | 15 Oct 2024 19:17 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/21649 |
Actions (login required)
View Item |