EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGHETER (NHT) MENGGUNAKAN ALAT PERAGA PAPAN DIAGRAM STATISTIKA TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI STATISTIKA KELAS VII DI SMP ISLAM SUDIRMAN 02 TINGKIR SALATIGA

Mubarok, Samsul (2024) EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGHETER (NHT) MENGGUNAKAN ALAT PERAGA PAPAN DIAGRAM STATISTIKA TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI STATISTIKA KELAS VII DI SMP ISLAM SUDIRMAN 02 TINGKIR SALATIGA. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
NASKAH SKRIPSI_SAMSUL MUBAROK_23070200051 (1).pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Mubarok, Samsul. 2024. Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT) Menggunakan Alat Peraga Papan Diagram Statistika Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Statistika Kelas VII Di SMP Islam Sudirman 02 Tingkir Salatiga Salatiga Skripsi. Salatiga: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembibing: Enika Wulandari, M.Pd. Kata Kunci : Efektivitas, Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT), Papan Diagram Statistika, Hasil Belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kefektifan model pembelajaran Kooperatif tipe number head together dengan menggunakan alat peraga papan diagram statistika terhadap hasil belajar peserta didik pada materi statistika kelas VII di SMP Islam Sudirman 02 Tingkir Salatiga. Penelitian ini menggunakan Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode quasi eksperimen dengan menggunakan desain penelitian pretest-postest control Group design terhadap dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Islam Sudirman berjumlah 30 Siswa terdiri dari 2 kelas. Pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan metode tes dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji normalitas dan homogenitas dan kemudian diuji hepotesis menggunakan Uji Ngain Score dan Uji Independent sample t-test. Uji prasyarat menunjukan bahwa penelitian ini berdistribusi normal dan homogen. Untuk uji hipotesis N-gain score berdasarkan nilai pretest-postest dengan kriteria tinggi pada kelas eksperimen dan kriteria sedang untuk kelas kontrol. Kemudian untuk uji independent sample t-test mendapatkan menunjukan nilai t sebesar 1,297 dan nilai signifikasi (2-tailed) adalah 0,205. Dapat diartikan untuk nilai signifikasi (2-tailed) lebih dari 0,05, maka

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 16 Oct 2024 17:40
Last Modified: 16 Oct 2024 17:40
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/21668

Actions (login required)

View Item View Item