EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN PAI PADA KURIKULUM MERDEKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 01 DAN SMP NEGERI 02 SUMOWONO

, Aisha Mirani Wardani (2024) EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN PAI PADA KURIKULUM MERDEKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 01 DAN SMP NEGERI 02 SUMOWONO. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Tesis Mira 5_Revisi After Sidang 2.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Tesis FIX Aisha Mirani Wardani.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Tesis FIX Aisha Mirani Wardani.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Tesis FIX Aisha Mirani Wardani.pdf

Download (3MB)

Abstract

Wardani, Aisha Mirani. (2024). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning dalam Meningkatkan Pemahaman PAI pada Kurikulum Merdeka Siswa Kelas VII SMP Negeri 01 Dan SMP Negeri 02 Sumowono. Tesis. Salatiga: Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Edi Cahyono, M.M. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk memberikan bukti empiris tentang penerapan model pembelajaran Pjbl dapat membedakan tingkat pemahaman PAI siswa. (2) Untuk memberikan bukti empiris tentang penerapan model pembelajaran Pjbl dapat membedakan tingkat pemahaman PAI siswa ditinjau dari jenis kelamin. (3) Untuk memberikan bukti empiris tentang penerapan model pembelajaran Pjbl dapat membedakan tingkat pemahaman PAI siswa ditinjau dari pendidikan orang tua.(4) Untuk memberikan bukti empiris tentang penerapan model pembelajaran Pjbl dapat membedakan tingkat pemahaman PAI siswa ditinjau dari pekerjaan orang tua. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan teknik uji independent t test dan One Way ANOVA. Teknik pengambilan sampel untuk fase kuantitatif menggunakan purposive sampling dengan sebanyak 106 siswa dari peserta didik kelas VII tahun ajaran 2023/2024. Teknik pengambilan sampel menggunakan judgment sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Uji beda terhadap tingkat pemahaman PAI siswa tidak signifikan antara hasil belajar siswa pada kategori SMP 1 dengan kategori SMP 2, ketika menggunakan model pembelajaran PjBL pemahaman siswa sama saja dengan yang tidak menggunakan model pembelajaran PjBL. 2) Terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa laki-laki dengan perempuan. 3) Rata-rata kategori pendidikan orang tua tersebut tidak ada perbedaan secara signifikan 4) Rata-rata kategori pekerjaan orang tua tersebut tidak ada perbedaan secara signifikan. Kata Kunci : Tingkat pemahaman PAI siswa, Project Based Learning (PjBL), model pembelajaran

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 17 Oct 2024 04:51
Last Modified: 17 Oct 2024 04:51
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/21692

Actions (login required)

View Item View Item