BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK HOMEROOM UNTUK MENCEGAH SIFAT ISRAF PADA SISWA KELAS XI TKR SMK TELEKOMUNIKASI TUNAS HARAPAN KABUPATEN SEMARANG

Mansiz, Muhammad Dzulfiqar Ilhan (2024) BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK HOMEROOM UNTUK MENCEGAH SIFAT ISRAF PADA SISWA KELAS XI TKR SMK TELEKOMUNIKASI TUNAS HARAPAN KABUPATEN SEMARANG. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI_M.DZULFIQAR ILHAN.I.M_BKPI_017_UINSA.pdf

Download (5MB)
[img] Text
SKRIPSI_M.DZULFIQAR ILHAN.I.M_BKPI_017_UINSA.pdf

Download (5MB)
[img] Text
SKRIPSI_M.DZULFIQAR ILHAN.I.M_BKPI_017_UINSA.pdf

Download (5MB)
[img] Text
SKRIPSI_M.DZULFIQAR ILHAN.I.M_BKPI_017_UINSA.pdf

Download (5MB)
[img] Text
SKRIPSI_M.DZULFIQAR ILHAN.I.M_BKPI_017_UINSA.pdf

Download (5MB)
[img] Text
SKRIPSI_M.DZULFIQAR ILHAN.I.M_BKPI_017_UINSA.pdf

Download (5MB)
[img] Text
SKRIPSI_M.DZULFIQAR ILHAN.I.M_BKPI_017_UINSA.pdf

Download (5MB)
[img] Text
SKRIPSI_M.DZULFIQAR ILHAN.I.M_BKPI_017_UINSA.pdf

Download (5MB)
[img] Text
SKRIPSI_M.DZULFIQAR ILHAN.I.M_BKPI_017_UINSA.pdf

Download (5MB)
[img] Text
SKRIPSI_M.DZULFIQAR ILHAN.I.M_BKPI_017_UINSA.pdf

Download (5MB)
[img] Text
SKRIPSI_M.DZULFIQAR ILHAN.I.M_BKPI_017_UINSA.pdf

Download (5MB)
[img] Text
SKRIPSI_M.DZULFIQAR ILHAN.I.M_BKPI_017_UINSA.pdf

Download (5MB)
[img] Text
SKRIPSI_M.DZULFIQAR ILHAN.I.M_BKPI_017_UINSA.pdf

Download (5MB)
[img] Text
SKRIPSI_M.DZULFIQAR ILHAN.I.M_BKPI_017_UINSA.pdf

Download (5MB)
[img] Text
SKRIPSI_M.DZULFIQAR ILHAN.I.M_BKPI_017_UINSA.pdf

Download (5MB)
[img] Text
SKRIPSI_M.DZULFIQAR ILHAN.I.M_BKPI_017_UINSA.pdf

Download (5MB)
[img] Text
SKRIPSI_M.DZULFIQAR ILHAN.I.M_BKPI_017_UINSA.pdf

Download (5MB)
[img] Text
SKRIPSI_M.DZULFIQAR ILHAN.I.M_BKPI_017_UINSA.pdf

Download (5MB)
[img] Text
SKRIPSI_M.DZULFIQAR ILHAN.I.M_BKPI_017_UINSA.pdf

Download (5MB)
[img] Text
SKRIPSI_M.DZULFIQAR ILHAN.I.M_BKPI_017_UINSA.pdf

Download (5MB)
[img] Text
SKRIPSI_M.DZULFIQAR ILHAN.I.M_BKPI_017_UINSA.pdf

Download (5MB)
[img] Text
SKRIPSI_M.DZULFIQAR ILHAN.I.M_BKPI_017_UINSA.pdf

Download (5MB)
[img] Text
SKRIPSI_M.DZULFIQAR ILHAN.I.M_BKPI_017_UINSA.pdf

Download (5MB)
[img] Text
SKRIPSI_M.DZULFIQAR ILHAN.I.M_BKPI_017_UINSA.pdf

Download (5MB)
[img] Text
SKRIPSI_M.DZULFIQAR ILHAN.I.M_BKPI_017_UINSA.pdf

Download (5MB)
[img] Text
SKRIPSI_M.DZULFIQAR ILHAN.I.M_BKPI_017_UINSA.pdf

Download (5MB)

Abstract

Sifat Israf pada siswa menjadi permasalahan yang semakin marak pada masa kini dan merupakan salah satu permasalahan yang perlu dicegah dengan layanan preventif. Tingkatan sifat israf tinggi berdampak buruk pada psikologis. Tujuan penelitian ini meliputi: (1) untuk mengetahui gambaran sifat israf pada siswa XI TKR SMK Telekomunikasi Tunas Harapan sebelum diberikan layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Homeroom; (2) untuk mengetahui gambaran sifat israf pada siswa kelas XI TKR SMK Telekomunikasi Tunas Harapan setelah diberikan layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Homeroom; (3) dan untuk mengetahui perbedaan tingkat sifat israf pada siswa kelas XI TKR SMK Telekomunikasi Tunas Harapan sebelum dan sesudah diberikan layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Homeroom. Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain pre – experimental design one grup pre-test post-test. Pengumpulan data di dalam penelitian ini menggunakan skala israf yang dikembangkan berdasarkan teori Sipunga (2014). Hasil uji validitas menunjukkan bahwa 21 item pernyataan dinyatakan valid dan reliabel dengan perolehan nilai Cronbach’s alpha sebesar 0,736. Sampel yang diambil di dalam penelitian ini sejumlah 9 siswa dengan kategori tinggi. Teknik pengambilan sampel di dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria israf tinggi. Hasil penelitian ini meliputi: (1) sebelum dilakukan intervensi siswa memiliki sifat israf yang tinggi dan berpemahaman rendah; (2) setelah terlaksananya intervensi bimbingan kelompok teknik Homeroom terhadap sifat israf menghasilkan pemahaman siswa tentang israf sehingga dapat menurunkan israf yang semula skor pre-test sejumlah 9 siswa berada pada kategori tinggi; (3) perbedaan sifat israf siswa sebelum dan sesudah dilaksanakan layanan nilai yang diperoleh dari uji hipotesis dengan uji t sejumlah 0.000 < 0,05, maka dapat disimpulkan Ho ditolak dan H1 diterima sehingga layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Homeroom efektif di dalam mencegah sifat israf pada siswa SMK Telekomunikasi Tunas Harapan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 17 Oct 2024 15:50
Last Modified: 17 Oct 2024 15:50
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/21697

Actions (login required)

View Item View Item