Nisak, Choirotun (2024) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DAN MEDIA AUDIO VISUAL. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
FIX SKRIPSI CHOIROTUN NISAK 23070280049.pdf Download (5MB) |
|
Text
FIX SKRIPSI CHOIROTUN NISAK 23070280049.pdf Download (5MB) |
Abstract
Nisak, Choirotun. 2024. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Ruang Sisi Datar Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Dan Media Audio Visual. Skripsi. Salatiga: Program Studi Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Jaka Siswanta, M. Pd. Kata Kunci : Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif , Media Audio Visual Skripsi penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) dan media audio visual dapat meningkatkan kualitas pembelajaran matematika pada materi bangun ruang sisi datar siswa kelas VIII A MTs Darussalam Sumowono Kabupaten Semarang Tahun 2022/2023. Skripsi ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes dan dokumentasi. Adapun metode observasi digunakan untuk mengamati, mendengarkan dan mencatat secara langsung terhadap pelaksanaan proses pembelajaran yang sedang berlangsung. Sedangkan metode tes digunakan untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar peserta didik dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) dan media audio visual dalam pembelajaran matematika materi bangun ruang sisi datar. Kemudian metode dokumentasi digunakan sebagai bukti dan fakta di lapangan bahwa peneliti memiliki data dari hasil penelitian yang telah dilaksanakan. Hasil penelitian Pra Siklus terdapat 5 peserta didik dengan presentase 30% sudah mencapai KKM dan 12 peserta didik dengan presentase 70% belum mencapai KKM dengan rata-rata klasikal 55,8%. Pada siklus I terdapat 13 peserta didik dengan presentase 76% yang sudah mencapai KKM dan 4 peserta didik yang belum mencapai KKM dengan presentase 24% nilai rata-rata klasikal 68,5%. Kemudian pada siklus II terdapat 15 peserta didik dengan presentase 88% yang sudah mencapai KKM dan 2 peserta didik yang belum mencapai KKM dengan presentase 11% memperoleh rata-rata klasikal 76%. Data presentase maksimal yang dicapai 85%, hasil yang didapatkan sudah melebihi target yaitu 88%. Oleh karena itu, penelitian tindakan kelas ini dinyatakan berhasil untuk meningkatkan hasil belajar Matematika materi Bangun Ruang Sisi Datar pada peserta didik kelas VIII A MTs Darussalam Sumowono Kabupaten Semarang Ajaran 2022/2023.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 18 Oct 2024 16:42 |
Last Modified: | 18 Oct 2024 16:42 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/21720 |
Actions (login required)
View Item |