Kontribusi pemikiran lafran pane dalam pembentukan karakter generasi indonesia emas (persfektif filsafat pendidikan)

Muhammadraisaziz, (2024) Kontribusi pemikiran lafran pane dalam pembentukan karakter generasi indonesia emas (persfektif filsafat pendidikan). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI M. RAIS AZIZ.pdf

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI M. RAIS AZIZ.pdf

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI M. RAIS AZIZ.pdf

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI M. RAIS AZIZ.pdf

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI M. RAIS AZIZ.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Aziz, Muhammad Rais. 2024. Kontribusi Pemikiran Lafran Pane Dalam Pembentukan Karakter Generasi Indonesia Emas (Perspektif Filsafat Pendidikan). Skripsi. Salatiga: Progam Studi Aqidah dan Filsafat Islam Fakultas Ushuluddin Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Prof. Dr. Benny Ridwan, M.Hum. Penelitian ini berusaha untuk mengurai lebih dalam mengenai pandangan Lafran Pane tentang filosofi pendidikan Islam dan bagaimana kontribusinya dalam pembentukan karakter generasi emas Indonesia. Pemikiran Lafran Pane dalam pendidikan mencakup beberapa aspek utama yaitu, (1) Keislaman-Keindonesiaan, (2) Pendidikan sebagai proses pembebasan, (3) Pendidikan untuk membangun karakter, dan (4) Pendidikan sebagai pembaharuan pemikiran. Lafran Pane bermimpi untuk menggalang potensi intelektual mahasiswa Muslim demi kemajuan Indonesia. Sebuah gagasan yang sejalan dengan pembentukan karakter, yang merupakan salah satu tujuan dari pendidikan. Penelitian ini tergolong dalam kategori kajian pustaka (Library Research) yang menggunakan metode kualitatif. Fokus utama penelitian ini adalah pada pengumpulan data dari sumber-sumber literatur, termasuk buku, jurnal, artikel, dan karya-karya lainnya. Data tersebut kemudian dianalisis dan diolah secara filosofis dan teoritis untuk memperoleh pemahaman yang mendalam tentang topik yang diteliti. Penelitian ini menjelaskan pemikiran Lafran Pane dalam filsafat pendidikan Indonesia menekankan integrasi antara keislaman dan keindonesiaan. Ia percaya bahwa pendidikan harus melampaui transfer pengetahuan dengan fokus pada pembentukan karakter moral dan pemikiran kritis. Lafran Pane juga menyoroti pentingnya pembaruan pemikiran Islam yang sesuai dengan zaman dan konteks lingkungan, serta keseimbangan antara aspek keagamaan dan intelektual. Melalui Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), ia berupaya menghubungkan nilai-nilai Islam dengan ilmu pengetahuan, mengatasi kesenjangan pendidikan, dan memperkuat karakter generasi muda untuk menghadapi tantangan zaman, menciptakan generasi yang cerdas secara intelektual serta kuat dalam keimanan dan moralitas. Kata Kunci: Filsafat Pendidikan, Generasi Indonesia Emas, HMI, Integrasi Keislaman, Lafran Pane, Nilai Islam, Pembaruan Islam, Pendidikan Kritis, dan Pembentukan Karakter.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Filsafat dan Epistemologi
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 18 Oct 2024 17:05
Last Modified: 18 Oct 2024 17:05
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/21721

Actions (login required)

View Item View Item