EFEKTIVITAS TERAPI ISTIGHFAR DALAM KONSELING KELOMPOK BEHAVIORAL UNTUK MENGURANGI PERILAKU BULLYING DI MTS SA MIFTAHUL HUDA PABELAN KABUPATEN SEMARANG

Shofa, Azka Faila (2024) EFEKTIVITAS TERAPI ISTIGHFAR DALAM KONSELING KELOMPOK BEHAVIORAL UNTUK MENGURANGI PERILAKU BULLYING DI MTS SA MIFTAHUL HUDA PABELAN KABUPATEN SEMARANG. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
FIX SKRIPSI AZKA 2 oktober 2024.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Shofa, Azka Faila. 2024. Efektivitas Terapi Istighfar dalam Konseling Kelompok Behavioral untuk Mengurangi Perilaku Bullying di MTs SA Miftahul Huda Pabelan Kabupaten Semarang. Skripsi, Salatiga: Program Studi Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Abi Fa’izzarahman Prabawa, M. Pd. Kata Kunci: Konseling Kelompok; Beharvioral: Terapi Istighfar; Bullying Tujuan dari penelitian ini adalah menguji perbedaan sebelum dan sesudah diberikan terapi istighfar dalam konseling kelompok behavioral untuk mengurangi perilaku bullying di MTs SA Miftahul Huda Pabelan Kabupaten Semarang. Jenis penelitian ini yakni kuantitatif pre eksperimental design menggunakan one group pretest posttest design. Populasi pada penelitian ini berjumlah 150 siswa dan sampel berjumlah 8 siswa yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Kriteria dalam pengambilan sampel pada penelitian ini (1) Peserta didik yang dilaporkan terlibat sebagai pelaku bullying, (2) Peserta didik yang secara terang-terangan melakukan tindakan bullying dan diketahui oleh teman-teman sekelasnya. Instrumen yang digunakan yakni skala perilaku bullying menggunakan uji paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan tingkat perilaku bullying sebelum dan sesudah diberikan terapi istighfar dalam konseling kelompok behavioral di MTs SA Miftahul Huda Pabelan berdasarkan hasil uji paired sample t-test menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000, yang mana nilai tersebut lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05). Demikian, dapat disimpulkan bahwa hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 21 Oct 2024 01:10
Last Modified: 21 Oct 2024 01:10
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/21754

Actions (login required)

View Item View Item