fauzan, Ahmad (2024) PEMBINAAN SIKAP KEAGAMAAN DAN SIKAP INTEGRITAS PADA SISWA SMK PGRI 1 SALATIGA TAHUN AJARAN 2023/2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
SKRIPSI AHMAD FAUZAN 23010190256.pdf Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Fauzan, Ahmad. 2024. Pembinaan Sikap Keagamaan dan Sikap Integritas Pada Siswa SMK PGRI 1 Salatiga Tahun Ajaran 2023/2024. Skripsi, Salatiga: Program Studi Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Salatiga. Pembimbing: Purnomo, M.Pd.I Kata Kunci: Pembinaan, Sikap, Keagamaan, Integritas, Siswa Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1)bentuk pembinaan sikap keagamaan; 2) faktor pendukung pembinaan sikap keagamaan; 3) faktor penghambat pembinaan sikap keagamaan; 4) betuk pembinaan sikap integritas; 5) faktor pendukung pembinaan sikap integritas; 6) fator penghambat pembinaan sikap integritas pada siswa SMK PGRI 1 Salatiga tahun ajaran 2023/2024. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Data dikumpukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek dari penelitianini yaitu kepala sekolah, guru, dan siswa SMK PGRI 1 Salatiga. Analisa data yang digunakan redukis data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dalam keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber dan dan metode agar mendapatkan data yang valid. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa SMK PGRI 1 Salatiga memiliki: 1) bentuk-bentuk pembinaan sikap keagamaan siswa meliputi shalat dhuha berjamaah, shalat dzuhur berjamaah, kegiatan infaq, PHBI, buka bersama, kegiatan jumat bersih, kegiatan membaca dan menghafal Al-Qur’an, pembiasaan berdoa bersama; 2) Faktor pendukung pembinaan sikap keagamaan berupa kerjasama yang baik antar sekolah dengan orang tua, keberhasilan guru dalam mengajar, serta kegiatan ekstrakurikuler keagamaan di sekolah; 3) Faktor penghambat pembinaan sikap keagamaan adalah faktor internal guru berupa minimnya motivasi kerja dan metode pembelajaran yang monoton, serta pengaruh lingkungan siswa dengan latar belakang keluarga yang kurang harmonis akibat perceraian dan lingkungan pertemanan siswa; 4) bentuk-bentuk pembinaan sikap integritas mepliputi pendisiplinan, hukuman dan pemberian hadiah; 5) Faktor pendukung sikap integritas faktor internal berupa komitmen sekolah, kesungguhan siswa dan niat guru, sedangkan faktor eksternal berupa program kegiatan penunjang, kerjasama seluruh warga sekolah, partisipasi keluarga, dan implementasi kurikulum yang terencana dengan baik; 6) Faktor penghambat sikap integritas yang ada di SMK PGRI 1 Salatiga yaitu faktor internal berupa latar belakang siswa yang berasal dari latar belakang sekolah yang berbeda beda dan upaya menyamakan persepsi di sekolah. Sedangkan faktor eksternal berupa keterbatasan optimalisasi pelaksanaan, pengaruh lingkungan lingkungan sekolah dan lingkungan pertemanan, teknologi, kurangnya perhatian orang tua.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 21 Oct 2024 15:55 |
Last Modified: | 21 Oct 2024 15:55 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/21763 |
Actions (login required)
View Item |