PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI MENENTUKAN KOSAKATA KERAGAMAN BENDA MELALUI MODEL MAKE A MATCH DENGAN MEDIA KARTU PASANGAN BERGAMBAR PADA SISWA KELAS II MI NEGERI SALATIGA TAHUN AJARAN 2023/2024

fudla, Nailal (2024) PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI MENENTUKAN KOSAKATA KERAGAMAN BENDA MELALUI MODEL MAKE A MATCH DENGAN MEDIA KARTU PASANGAN BERGAMBAR PADA SISWA KELAS II MI NEGERI SALATIGA TAHUN AJARAN 2023/2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI NAILAL (REVISI SIDANG FIXX)_compressed.pdf

Download (4MB)
[img] Text
SKRIPSI NAILAL (REVISI SIDANG FIXX)_compressed.pdf

Download (4MB)
[img] Text
SKRIPSI NAILAL (REVISI SIDANG FIXX)_compressed.pdf

Download (4MB)
[img] Text
SKRIPSI NAILAL (REVISI SIDANG FIXX)_compressed.pdf

Download (4MB)
[img] Text
SKRIPSI NAILAL (REVISI SIDANG FIXX)_compressed.pdf

Download (4MB)
[img] Text
SKRIPSI NAILAL (REVISI SIDANG FIXX)_compressed.pdf

Download (4MB)

Abstract

Fudla, Nailal. 2024. Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Menentukan Kosakata Keragaman Benda Melalui Model Make A Match Dengan Media Kartu Pasangan Bergambar Siswa Kelas II MIN Salatiga Tahun Pelajaran 2023/2024. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Jurusan Guru Kelas. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI). Universitas Islam Negeri (UIN) Salatiga. Dosen Pembimbing: Imam Mas Arum, M.Pd. Kata Kunci: Hasil belajar, Bahasa Indonesia, Kosakata Keragaman Benda. Make A Match. Kartu Pasangan Bergambar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Inonesia materi menentukan kosakata keragaman benda dengan menggunakan media kartu pasangan bergambar siswa kelas IIA MIN Salatiga. Permasalahan yang akan dijawab dalam penelitian ini yaitu apakah penggunaan model make a match dengan media kartu pasangan bergambar dapat meningkatkan kemampuan menentukan kosakata keragaman benda mata pelajaran bahasa Indonesia Siswa Kelas IIA MIN Salatiga Tahun Ajaran 2023/2024. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan selama II siklus untuk menjawab masalah yang terjadi. Terdapat empat tahap dalam setiap siklus yaitu perencanaan, pelakanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IIA MIN Salatiga, yang terdiri dari 28 siswa, 17 siswa laki-laki dan 11 siswa Perempuan. Penelitian ini menggunakan Model make a match dan media kartu pasangan bergambar. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan observasi, wawancara, tes tertulis, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui model make a match dengan media kartu pasangan bergambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IIA MIN Salatiga materi menentukan kosakata keragaman benda melalui lembar observasi dan tes tertulis. Peningkatan ini dapat dilihat dari hasil pelaksanaan penelitian dari tahap pra siklus sampai siklus II. Pada tahap pra siklus nilai rata-rata ketuntasan yang diperoleh adalah 59,6 atau 28,5%. Siswa yang tuntas berjumlah 8 orang dan yang belum tuntas berjumlah 20 orang. Pada tahap siklus I meningkat sebesar 32%. Nilai rata-rata ketuntasan yang diperoleh adalah 71,25 atau 60,7%. Siswa yang tuntas berjumlah 17 orang dan yang belum tuntas berjumlah 11 orang. Kemudian mengalami peningkatan kembali secara signifikan sebesar 35% pada siklus II dengan nilai rata rata ketuntasan 87,3 atau 89%. Siswa yang tuntas berjumlah 25 orang dan yang belum tuntas berjumlah 3 orang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 21 Oct 2024 18:42
Last Modified: 21 Oct 2024 18:42
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/21773

Actions (login required)

View Item View Item