PENGEMBANGAN ALAT PERAGA PENDULUM SMACE (SCIENCE, MATH, ART, COLABORATION, AND EFFICIENCY) SEBAGAI ALTERNATIF MEDIA PEMBELAJARAN IPA UNTUK MELATIH KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI GETARAN, GELOMBANG DAN BUNYI BAGI SISWA KELAS VIII

Susanti, Dwi (2024) PENGEMBANGAN ALAT PERAGA PENDULUM SMACE (SCIENCE, MATH, ART, COLABORATION, AND EFFICIENCY) SEBAGAI ALTERNATIF MEDIA PEMBELAJARAN IPA UNTUK MELATIH KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI GETARAN, GELOMBANG DAN BUNYI BAGI SISWA KELAS VIII. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI DWI SUSANTI FIKS.pdf

Download (7MB)
[img] Text
SKRIPSI DWI SUSANTI FIKS.pdf

Download (7MB)
[img] Text
SKRIPSI DWI SUSANTI FIKS.pdf

Download (7MB)
[img] Text
SKRIPSI DWI SUSANTI FIKS.pdf

Download (7MB)

Abstract

Susanti, D. 2024. Pengembangan Alat Peraga Pendulum SMACE (Science, Math, Art, Colaboration, And Efficiency) Sebagai Alternatif Media Pembelajaran IPA Untuk Melatih Keterampilan Proses Sains pada Materi Getaran, Gelombang dan Bunyi Bagi Siswa Kelas VIII. Skripsi, Salatiga, Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Muslimah Susilayati, M.Pd. Kata Kunci: Pengembangan; Media Pendulum SMACE; Getaran, Gelombang dan Bunyi Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis kebutuhan, spesifikasi prototipe, kelayakan dan kepraktisan alat peraga Pendulum SMACE sebagai alternatif media pembelajaran IPA untuk melatih keterampilan proses sains pada materi Getaran, Gelombang dan Bunyi bagi siswa kelas VIII. Metode penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model yang dikembangkan oleh Triagarajan yaitu 4-D (Four D). Empat langkah tersebut dimodifikasi menjadi define (pendefinisian), design (perancangan), dan develop (pengembangan). Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa lembar wawancara untuk analisis kebutuhan oleh guru dan angket untuk mengetahui kebutuhan siswa, kelayakan dan kepraktisan produk. Angket kelayakan diberikan kepada 2 orang dosen sebagai validator ahli materi dan bahasa serta ahli media. Sedangkan angket kepraktisan diberikan kepada 1 orang guru IPA dan 15 siswa SMP kelas VIII. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Kebutuhan pengembangan media pembelajaran bagi guru dan siswa diantaranya media yang dapat menjadikan pembelajaran lebih menarik, menyenangkan, mampu memecahkan masalah, dan mampu menjelaskan konsep dari materi Getaran, Gelombang dan Bunyi yang dianggap paling sulit; 2) Spesifikasi prototipe alat peraga Pendulum SMACE berupa papan media yang berisikan cara penggunaan, materi, dan soal dan berupa alat peraga yang mampu menjelaskan tiga konsep sekaligus yaitu pengaruh panjang tali, gerak harmonik sederhana, dan resonansi; 3) Data hasil validasi kelayakan produk yang dikembangkan diperoleh sebesar 98,7% dengan kriteria sangat layak oleh ahli materi dan bahasa dan 87,5% dengan kriteria sangat layak oleh ahli media; dan 4) Data hasil validasi kepraktisan oleh guru memperoleh presentase sebesar 96% dengan kriteria sangat layak dan 85,3% dengan kriteria sangat layak oleh siswa. Kesimpulan berdasarkan data tersebut menunjukkan bahwa alat peraga Pendulum SMACE sebagai alternatif media pembelajaran IPA sangat layak dan sangat praktis digunakan dalam proses pembelajaran untuk melatih keterampilan proses sains dalam materi Getaran, Gelombang dan Bunyi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 21 Oct 2024 19:45
Last Modified: 21 Oct 2024 19:45
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/21777

Actions (login required)

View Item View Item