NASITHOH, SITI WALADATUN (2024) ANALISIS PROSES PEMECAHAN MASALAH SOAL STATISTIKA BERDASARKAN TEORI POLYA DITINJAU DARI DISPOSISI MATEMATIKA PADA KELAS X MAN 2 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
SKRIPSI SITI WALADATUN NASITHOH 23070200045.pdf Download (4MB) |
Abstract
Nasithoh, Siti, Waladatun. 2024. Analisis Proses Pemecahan Masalah Soal Statistika oleh teori Polya ditinjau dari Disposisi Matematika pada Kelas X MAN 2 Semarang Tahun Pelajaran 2023/2024. Skripsi, Program Studi Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Wulan Izzatul Himmah, M.Pd. Kata kunci: Proses Pemecahan Masalah, Statistika, Disposisi Matematika Tujuan penelitian ini antara lain untuk mengetahui proses pemecahan masalah yang ditinjau dari disposisi matematika berdasarkan langkah-langkah teori Polya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subyek penelitian berasal dari kelas X3 MAN 2 Semarang dan ditentukan dengan teknik purposive sampling. Subyek penelitian ini untuk disposisi menggunakan seluruh siswa kelas X3, sedangkan untuk proses pemecahan masalah menggunakan 4 siswa yang telah dipilih berdasarkan tingkatan disposisi matematika yang dikuasai siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, tes, dan wawancara, sedangkan validitas data menggunakan teknik triangulasi metode. Analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, verivikasi data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarakan analisis data diperoleh bahwa siswa yang memiliki disposisi matematika menurut tingkatannya dalam menyelesaikan proses pemecahan masalah berbeda. Dapat dilihat dari penelitian yahng dilakukan peneliti pada kelas X3 di MAN 2 Semarang , peneliti mengambil beberapa siswa yang mewakili tingkatan disposisi matematika maisng-masing 1 siswa yang memiliki nilai tertinggi disetiap tingkatannya dan menghasilkan: (1). Siswa MDP yang memiliki tingkatan disposisi matematika tinggi dapat menyelesaikan proses pemecahan masalah menggunakan langkah teori Polya dengan baik smapai akhir dengan tepat dan benar, (2). Siswa NK yang memiliki tingkat disposisi matematika cukup dapat menyelesaikan proses pemecahan masalah menggunakan langkah teori Polya dengan baik dan benar, namun tidak bisa memeriksa kembali jawaban akhir, (3). Siswa FIR yang memiliki tingkat disposisi matematika kurang dapat menyelesaikan proses pemecahan masalah dengan kurang tepat dikarenakan nomor 2 salah dalam perhitungannya, (4). Siswa SA yang memiliki disposisi matematika rendah dapat menyelesaikan proses pemecahan masalah dengan kurang tepat dikarenakan pada nomor 2 juga salah dalam perhitungannya.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 21 Oct 2024 22:01 |
Last Modified: | 21 Oct 2024 22:01 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/21786 |
Actions (login required)
View Item |